Meriahkan kemerdekaan RI lewat twibbon, game, hingga media sosial

Meriahkan kemerdekaan RI lewat twibbon, game, hingga media sosial

Ilustrasi - Program TikTok Indonesia #BerjuangBerkreasi untuk rayakan hari Kemerdekaan Indonesia yang didukung Kementerian Kominfo. ANTARA/HO-TikTok Indonesia/am.

Jakarta (ANTARA) - Pandemi COVID-19 membuat perayaan hari kemerdekaan tahun ini sedikit berbeda karena sejumlah pembatasan mobilitas dan interaksi langsung untuk menghindari kerumunan dan menekan laju penularan virus corona.

Namun, Anda dan keluarga masih bisa memeriahkan semarak hari kemerdekaan melalui ruang digital seperti mengenakan bingkai twibbon di media sosial, hingga bermain game selayaknya sedang lomba 17-an. Berikut beberapa rekomendasi dari ANTARA.

1. Rumah Digital Indonesia
Pemerintah Republik Indonesia melalui sejumlah kementerian membuat laman web Rumah Digital Indonesia pada bulan Agustus sebagai upaya untuk menyemarakkan Hari Kemerdekaan RI ke-76 tahun secara virtual karena pandemi COVID-19.

Terdapat sejumlah ruang yang bisa dikunjungi masyarakat di Rumah Digital Indonesia.

Mulai dari Arena Perlombaan yang memungkinkan masyarakat ikut lomba 17-an secara virtual; Ruang Seni Budaya yang menampilkan pertunjukan tari, puisi, musik, hingga film pendek; lalu ada juga Ruang Pasar Lokal yang mewadahi para pelaku UMKM untuk berjualan secara daring.

Lebih lanjut, Ruang Petualangan Nusantara yang merupakan peta interaktif dengan berbagai informasi seperti kuliner dan wisata khas, serta wajah Indonesia atau sosok local heroes yang berdampak bagi daerahnya.

Selanjutnya, ada Ruang Komunitas yang bisa diisi oleh masyarakat serta pojok soal literasi digital; lalu Pameran Foto Wartawan Istana; dan terakhir adalah Panggung Nasional yang nantinya akan menampilkan konten utama seperti konser puncak kolaborasi antar-seniman, dan sejumlah agenda kenegaraan.

Terdapat pula arena untuk bermain bersama para pengunjung laman web Rumah Digital Indonesia bersama-sama.

Baca juga: Aplikasi perbankan jadi solusi di masa darurat Covid-19

2. Twibbon
Mengenakan bingkai twibbon seakan menjadi sebuah keharusan bagi para pengguna media sosial di Indonesia untuk merayakan hari jadi Tanah Air yang ke-76 tahun.

Anda bisa memanfaatkan twibbon yang tersedia di laman web twibbonize.com, kemudian Anda cukup memilih bingkai bertuliskan Dirgahayu Indonesia ke-76 atau HUT ke-76 RI.

Setelah itu, unggah gambar, tunggu beberapa saat, gambar yang Anda unggah secara otomatis akan dihiasi dengan bingkai yang telah dipilih sebelumnya. Selamat mencoba!

3. Instagram
Anda juga bisa memanfaatkan platform media sosial Instagram untuk melakukan lomba interaktif dengan fitur-fitur yang tersedia.

Misalnya melakukan lomba tarik tambang dengan menggunakan fitur "Poll" di Story yang menampilkan dua sisi untuk dipilih oleh pengguna lainnya, seakan tengah melakukan tarik tambang secara virtual.

Anda juga bisa mengajak teman-teman dan kerabat untuk menguji pengetahuan akan Indonesia lewat fitur "Quiz" di Story. Jangan lupa sematkan pula dengan fitur "Music" dan "#Hashtag" untuk membuat lomba virtual Anda semakin meriah.

4. TikTok
Platform video singkat TikTok untuk mengajak masyarakat Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76 di rumah saja dengan kampante #BerjuangBerkreasi.

Tidak hanya itu akan ada kegiatan diskusi bernama “TikTok Talk” yang dilakukan bersama kreator yang melestarikan budaya khas Indonesia melalui video singkat. Dari segi dukungan bagi UMKM lokal ada juga dan program belanja Merdeka Sale bersama jenama- jenama lokal.

TikTok juga mengajak seluruh pengguna untuk mengikuti tantangan seru di dalam aplikasi, antara lain kompetisi #BerjuangBerkreasi untuk pengguna yang berkarya dengan cara masing-masing, serta remake tantangan #WelcomeToIndonesia yang dipandu oleh penampilan musikal dari sejumlah kreator musik di TikTok.

Baca juga: Tips membedakan aplikasi asli dan palsu

Baca juga: Aman saat WFH, jangan sembarangan pasang aplikasi

Baca juga: Aplikasi untuk jaga kebugaran selama Ramadhan di rumah saja

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Peringati HUT ke-76, DPR RI terus tingkatkan kinerja

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar