Kebijakan pengetatan mobilitas masyarakat tetap harus menjadi langkah lanjutan jika penularan COVID-19 belum terkendali dengan memperhatikan dampak sosial dan ekonomi yang ditimbulkannya
Jakarta (ANTARA) - Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Ace Hasan Syadzily yakin bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan langkah-langkah kebijakan yang tepat dan terukur dalam penanganan pandemi COVID-19.

"Saya yakin Presiden Jokowi akan menyampaikan langkah-langkah kebijakan yang tepat dan terukur dalam menghadapi penularan COVID-19 dan strategi pemulihan ekonomi di tengah pandemi ini," kata Ace saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Minggu.

Dia juga menyatakan bahwa pidato kenegaraan Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR RI pada Selasa, 16 Agustus 2021, harus menyampaikan optimisme Indonesia untuk bangkit dari pandemi COVID-19.

Ace menyarankan pemerintah tetap harus memprioritaskan kebijakan penanganan kesehatan, yakni mendorong vaksinasi secara masif untuk mewujudkan kekebalan kelompok atau "herd immunity" serta memastikan ketersediaan obat-obatan bagi masyarakat yang terpapar COVID-19.

Baca juga: Pengamat harapkan pidato Presiden Jokowi kedepankan nilai kebangsaan

Fasilitas rumah sakit di daerah serta tempat isolasi mandiri terpusat di level desa atau kelurahan yang disertai dengan tenaga kesehatan mumpuni juga perlu menjadi perhatian pemerintah, kata Ace menambahkan.

"Kebijakan pengetatan mobilitas masyarakat tetap harus menjadi langkah lanjutan jika penularan COVID-19 belum terkendali dengan memperhatikan dampak sosial dan ekonomi yang ditimbulkannya," ujarnya.

Secara ekonomi, lanjut Ace, pertumbuhan sebesar 7,07 persen yang terjadi pada kuartal kedua patut diapresiasi.

Dia menilai bahwa capaian tersebut memiliki dampak positif psikologis bagi kepercayaan diri pemerintah dan pelaku pasar bahwa ekonomi dapat segera pulih.

Baca juga: Pengamat harapkan pidato presiden bangun optimisme tangani COVID-19

Ace mengharapkan agar pemerintah menjaga dan meningkatkan kecenderungan positif itu pada kuartal berikutnya untuk mendorong pemulihan ekonomi sehingga berbagai dampak sosial maupun ekonomi pandemi COVID-19 dapat terus membaik.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI itu juga mengatakan masyarakat harus terus didorong agar terbiasa dengan perubahan perilaku menjalankan protokol kesehatan (prokes), yaitu dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

"Harus melakukan adaptasi baru dalam perilaku sehari-hari dengan protokol kesehatan di tengah ketidakpastian menghilangnya virus," kata Ace.

Dia berharap perubahan perilaku itu juga seiring dengan terus berjalannya berbagai aktivitas ekonomi yang esensial agar produktivitas masyarakat tetap meningkat.

Baca juga: Doli Kurnia harap Jokowi beri semangat pada nakes di Pidato Kenegaraan

Pewarta: Muhammad Jasuma Fadholi
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021