Jakarta (ANTARA) - Pusat Studi Pancasila dan Bela Negara Univesitas Islam Negeri (PSPBN UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta menyatakan memberikan dukungan penuh terhadap kompetisi penulisan artikel tingkat nasional untuk memperingati Hari Santri pada tanggal 22 Oktober 2021 yang diselenggarakan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Siaran pers PSPBN UIN yang diterima ANTARA, Minggu (15/8) menyebutkan dukungan penuh terhadap kompetisi itu dengan pertimbangan :

1. Upaya membangun jiwa nasionalisme dan kecintaan pada tanah air perlu terus ditumbuhkan, yang tidak bisa dianggap sebagai proses yang pasti akan terjadi (taken for granted). Bagian dari ikhtiar menumbuhkan dan mengembangkan jiwa nasionalisme ini adalah dengan menggali dan menguatkan basis-basis kultural bangsa, di antaranya adalah melalui nilai-nilai keagamaan.

2. Penulisan artikel mendorong para pesertanya untuk melacak, menginvestigasi, dan menginternalisasi nilai-nilai kebangsaan yang ada pada bendera dan lagu kebangsaan serta menghubungkannya dengan nilai-nilai keagamaan. Proses olah pikir yang terlibat di dalam penulisan artikel ini akan mendorong para pesertanya pada penemuan simbol bendera dan lagu kebangsaan yang sarat makna dan nilai.

3. Penemuan baru simbol-simbol nasionalisme yang lebih sarat makna dan nilai ini akan menciptakan kesadaran kewarganegaraan yang baru, sehingga dengan demikian, semangat jiwa nasionalisme tidak lagi dipaksakan oleh negara, melainkan tumbuh dari kesadaran berpikir warga negara yang menggunakan akal sehat dan pemikiran kritis.

4. Perspektif hukum Islam yang dipilih untuk menggali khazanah pemikiran kaum santri terkait simbol-simbol nasionalisme membentang luas secara temporal dari warisan pemikiran Islam klasik hingga ke masa kontemporer. Kajian dalam kerangka waktu ratusan tahun ini diharapkan akan menyajikan bukan hanya dinamika pemikiran Islam dari berbagai masa, tapi juga dinamika konteks sosial masyarakat Islam dalam berbagai bentuk pengorganisasian sosial. Melalui lomba penulisan artikel ini diharapkan juga muncul dialog antara teks-teks keagamaan dan konteks sosial yang melingkupinya. Dengan demikian, yang diharapkan muncul dari lomba penulisan artikel ini justru kekayaan budaya dan pemikiran masyarakat Islam yang sejalan dengan pemikiran kebangsaan, bukan semata-mata judgement (prasangka) dan jargon.

5. Munculnya kesadaran kewarganegaraan yang baru dan penelusuran kajian fikih kebangsaan yang dinamis secara temporal dan kontekstual diharapkan akan menjadi basis kultural yang kuat, tidak hanya untuk mewujudkan hubbul wathan (cinta bangsa/tanah air) tetapi juga hifdzul buldan (menjaga bangsa/tanah air).

6. Sikap “sinisme” sebagian kalangan terhadap inisiasi BPIP untuk menyelenggarakan kompetisi penulisan artikel tingkat nasional, yang mengambil tema tentang menghormati bendera perspektif hukum Islam dan menyanyikan lagu kebangsaan perspektif hukum Islam, justru menguatkan dan semakin relevan tema ini untuk dikaji secara ilmiah.

Siaran pers yang ditandatangani Ketua PSPBN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Dr. Moh. Tantowi M.Ag tersebut juga mengemukakan, atas pertimbangan-pertimbangan di atas, PSPBN UIN berharap kompetisi penulisan artikel mendapat dukungan dari semua elemen bangsa dan tidak lagi perlu dijadikan polemik yang berkepanjangan.

BPIP menginformasikan secara resmi kompetisi penulisan artikel tingkat nasional untuk memperingati Hari Santri pada tanggal 22 Oktober 2021. Kompetisi  memberikan dua pilihan tema bagi para calon partisipan, yaitu menghormati bendera perspektif hukum Islam dan menyanyikan lagu kebangsaan perspektif hukum Islam.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2021