Bandara Pattimura meraih peringkat ketiga di kawasan Asia Pasifik dengan skor 4,89, untuk kategori bandara dengan kapasitas kurang dari 2 juta penumpang per tahun, ...
Ambon (ANTARA) -
PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon, Maluku,  meraih penghargaan dari Airport Council International (ACI) dalam penilaian pelayanan bandara Airport Service Quality (ASQ) tahun 2021.

Bandara Pattimura meraih peringkat ketiga di kawasan Asia Pasifik dengan skor 4,89, untuk kategori bandara dengan kapasitas kurang dari 2 juta penumpang per tahun, pada triwulan kedua tahun 2021 (April – Juni 2021), kata General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon Pribadi Maulana, Minggu.

Pencapaian tersebut katanya, merupakan peningkatan dari peringkat bandar udara Internasional Pattimura Ambon sebelumnya pada triwulan pertama tahun 2021 (Januari – Maret 2021), menempati peringkat delapan di kawasan Asia Pasifik dengan skor penilaian 4,65.

Baca juga: Bandara Pattimura diperluas, kini bisa layani 1,5 juta penumpang

Raihan tersebut, melengkapi pencapaian Bandara Pattimura Ambon yang baru saja menampilkan wajah baru setelah pengembangan dan beautifikasi terminal penumpang rampung.

Pengembangan tersebut telah menambah total luas terminal menjadi 16.090 meter persegi dari sebelumnya seluas 10.270 meter persegi.

Dijelaskannya, dengan total luas tersebut, terjadi penambahan kapasitas terminal penumpang yang saat ini dapat menampung hingga 1,5 juta penumpang per tahun dari sebelumnya 860 ribu penumpang per tahun.

Selain itu, terdapat penambahan 60 ruang usaha baru menjadi 90 ruang usaha dan penambahan satu ruang tunggu atau gate yang dilengkapi garbarata.

"Beautifikasi dan perluasan terminal penumpang ini mempertegas posisi Bandara Pattimura sebagai leisure airport," ujarnya.

Baca juga: AP II beri promo layanan premium di Bandara Soekarno-Hatta

Ditambahkannya, keberhasilan meraih peringkat ketiga di kawasan Asia Pasifik untuk kategori bandara dengan kapasitas kurang dari 2 Juta penumpang per tahun merupakan suatu kebanggaan.

Keberhasilan tersebut merupakan wujud dari komitmen dan upaya PT Angkasa Pura I (Persero) untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna Bandara Pattimura Ambon.

"Selanjutnya, PT Angkasa Pura I (Persero) akan terus berupaya meningkatkan pelayanan dalam mengoperasikan Bandara Pattimura Ambon sehingga peringkat tersebut dapat ditingkatkan," tandasnya.


Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021