Biro Humas: Sidang Tahunan MPR dipublikasikan lewat berbagai media

Biro Humas: Sidang Tahunan MPR dipublikasikan lewat berbagai media

Kabiro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR Siti Fauziah. ANTARA/HO-MPR

Jakarta (ANTARA) - Kabiro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR Siti Fauziah menyebutkan Sidang Tahunan MPR pada 16 Agustus 3021 akar dipublikasikan lewar berbagai media.

Siti Fauziah dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, menjelaskan Sidang Tahunan MPR yang digelar di Gedung Nusantara, Komplek Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, 16 Agustus 2021, mulai Pukul 08.30 WIB hingga selesai.

Setjen MPR telah mempersiapkan berbagai strategi untuk publikasi. Siti Fauziah mengatakan sebelum Sidang Tahunan MPR, biro yang dipimpinnya mempersiapkan berbagai metode untuk publikasi.

"Kita sebarkan maksud dan tujuan sidang tahunan baik melalui rilis berita maupun lewat televisi. Kemarin kita sudah ‘share’ atau sebar informasi mengenai pelaksanaan sidang tahunan," tutur Siti Fauziah.

Menurut Siti Fauziah, informasi yang ada juga disebar lewat media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan YouTube sebab saluran media sosial digandrungi kaum muda. Sidang Tahunan MPR yang digelar 2021 ini diharap juga menjadi perhatian generasi atau kaum milenial.

"Kita juga siarkan lewat kanal-kanal yang digemari generasi milenial," ucap dia.

Baca juga: Sekjen MPR: Sidang Tahunan adalah konvensi ketatanegaraan

Baca juga: MPR pastikan Sidang Tahunan siap digelar Senin (16/8)


Biro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR sangat masif melakukan sosialisasi pelaksanaan Sidang Tahunan MPR. Untuk lebih menyebarluaskan acara itu, juga digunakan "sms gateway, running text" di televisi, juga lewat monitor-monitor televisi yang dipasang di gerbong-gerbong kereta api maupun KRL.

Siti Fauziah menjelaskan publikasi sidang tahunan di kereta atau KRL sangat strategis sebab masyarakat yang menggunakan moda transportasi itu sangat melimpah. "Apalagi saat ada pelonggaran," ujarnya.

Saat Sidang Tahunan MPR berlangsung, menurutnya acara itu akan disiarkan lewat berbagai macam media. Disebut seperti lewat live streaming, YouTube, Facebook, televisi yakni lewat TV Pool.

Dia mengakui sidang tahunan 2021 masih dalam suasana pandemi COVID-19, sehingga disepakati adanya upaya bersama untuk menghindari kerumunan. Untuk itu media yang meliput acara yang digelar di Gedung Nusantara juga dibatasi.

"Ada syarat dan ketentuan untuk meliput sidang tahunan, ada tes 'PCR' maupun 'swab' antigen," kata dia.

Meliput dari jarak dekat sidang tahunan dibatasi hanya beberapa media saja yang kebanyakan media elektronik. Meski demikian Siti Fauziah menegaskan tetap memfasilitasi wartawan lainnya untuk bisa meliput acara tanpa mengurangi keutuhan jalannya sidang.

Baca juga: Puan pastikan Pidato Kenegaraan terapkan prokes ketat

Baca juga: Ketua MPR memastikan Presiden Jokowi hadiri Sidang Tahunan MPR RI


Media Center Press Room yang berada di Gedung Nusantara akan dipasang dua televisi. Wartawan bisa mengakses acara lewat televisi-televisi tersebut.

Tak hanya itu, Biro Humas MPR juga menyediakan poll data. Dalam poll data berisi foto-foto sidang tahunan.

"Setelah acara selesai, foto yang ada dimasukkan dalam 'poll' data dan wartawan bisa mengunduh di sana. Selain foto, Biro Humas juga akan menyebar berita-berita rilis mengenai sidang tahunan," paparnya.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wakil Ketua MPR sarankan capres pernah pimpin lingkup daerah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar