Liga Inggris

West Ham bangkit amankan tiga poin dari kandang Newcastle

West Ham bangkit amankan tiga poin dari kandang Newcastle

Penyerang sayap West Ham United Said Benrahma (kedua kiri) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol ke gawang Newcastle United dalam laga pekan pembuka Liga Inggris 2021/22 di Stadion St. James' Park, Newcastle, Inggris, Minggu (15/8/2021). (ANTARA/REUTERS/Scott Heppell)

Jakarta (ANTARA) - West Ham United bangkit dari ketertinggalan untuk mengamankan tiga poin dari kandang Newcastle United seusai menang 4-2 atas tuan rumah dalam laga pekan pembuka Liga Inggris 2021/22 di Stadion St. James' Park, Minggu.

Tuan rumah memimpin 2-1 hingga turun minum berkat gol-gol Callum Wilson dan Jacob Murphy yang sempat dibalas oleh Aaron Cresswell.

Kendati demikian di babak kedua, tim besutan David Moyes bangkit disokong gol-gol yang dicetak Said Benrahma, Tomas Soucek dan Michail Antonio untuk menundukkan Newcastle, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Pertandingan baru berjalan lima menit ketika Wilson yang menjadi top skor Newcastle musim lalu membawa mereka memimpin dengan tandukannya menyambut umpan silang apik kiriman Allan Saint-Maximin.

Baca juga: Newcastle sepakat boyong Joe Willock seharga Rp501 miliar dari Arsenal

Keunggulan itu tidak bertahan terlalu lama, sebab pada menit ke-18 West Ham mampu menyamakan kedudukan saat Creswell mampu menyambar bola umpan tarik Pablo Fornals yang sebelumnya gagal dijangkau upaya penyelesaian Soucek.

Setelah bola bersarang ke dalam gawang, hakim garis sempat mengangkat bendera pertanda offside terhadap Jarrod Bowen, tetapi setelah berkonsultasi dengan VAR wasit Martin Atkinson mengesahkan gol tersebut.

Tuan rumah nyaris segera merestorasi keunggulan mereka pada menit ke-26 ketika bola tembakan Miguel Almiron berbelok setelah mengenai badan Declan Rice, tetapi bola berakhir membentur mistar gawang.

Upaya Newcastle membuahkan hasil lima menit jelang turun minum ketika Murphy berdiri bebas tanpa kawalan untuk menanduk umpan silang kiriman Matt Ritchie demi menaklukkan kiper Lukasz Fabianski dan membawa tuan rumah memimpin lagi 2-1.

Baca juga: West Ham komunikasi dengan Chelsea soal peluang dapatkan Kurt Zouma

Babak kedua diawali dengan tempo permainan yang sedikit lambat, tetapi pada menit ke-53 West Ham kembali mampu menyamakan kedudukan kala umpan silang akurat Antonio berakhir disundul Benrahma dari jarak dekat.

Kedua tim selanjutnya terlibat saling serang, tapi lini belakang tuan rumah melakukan kesalahan saat Murphy secara ceroboh menjatuhkan Fornals di dalam area terlarang saat berebut bola muntah tembakan Antonio yang membentur tiang gawang, Atkinson segera merespon insiden itu dengan menghadiahi tendangan penalti untuk West Ham.

Antonio melakoni tugas sebagai algojo dan mendapati eksekusi penaltinya bisa dimentahkan oleh kiper Freddie Woodman, tetapi Soucek dengan sigap menyambar bola muntah untuk membawa West Ham berbalik memimpin 3-2 pada menit ke-63.

Tiga menit berselang, Antonio membayar lunas kegagalannya untuk menambah keunggulan West Ham jadi 4-2. Berawal dari situasi serangan balik, Benrahma bersikap bijak mengirimkan bola kepada Antonio yang berdiri relatif bebas untuk memperdaya Woodman dengan penyelesaian akurat.

West Ham hampir memperlebar keunggulan mereka pada menit ke-72 jika saja umpan tarik matang kiriman Benrahma tak disapu Federico Fernandez tepat di muka gawang Chelsea.

Kemenangan itu jelas menjadi suntikan kepercayaan diri bagi West Ham melanjutkan penampilan apik musim lalu.

West Ham baru main lagi pada Senin (23/8) menjamu Leicester City di Stadion Olimpiade London, dua hari setelah Newcastle bertandang ke Villa Park menghadapi Aston Villa.

Baca juga: Mohamed Salah pecahkan rekor saat bantu Liverpool bungkam Norwich
Baca juga: Trigol Bruno Fernandes antar MU awali musim lumat Leeds 5-1
Baca juga: Chelsea pegang penuh kendali saat bekuk Crystal Palace 3-0

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar