Jakarta (ANTARA) - RB Leipzig mengawali era baru bersama manajer Jesse Marsch ditandai dengan kekalahan 0-1 melawan FSV Mainz dalam laga pekan pembuka Liga Jerman 2021/22 di Stadion MEWE Arena, Minggu.

Leipzig sebetulnya mampu mendominasi setidaknya 71 persen penguasaan bola sepanjang laga dan melepaskan tak kurang dari 13 percobaan tembakan, tetapi hanya dua yang menemui sasaran tanpa berbuah satu gol pun.

Sebaliknya, Mainz tampil sedikit lebih efektif di lini depan sebab satu dari dua tembakan tepat sasaran mereka mampu dimanfaatkan Moussa Niakhate untuk mencetak gol kemenangan, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Leipzig mengancam lebih lewat alur serangan yang diakhiri tembakan sudut sempit Angelino dari sisi kiri, tetapi bola masih mampu ditepis kiper Robin Zentner.

Baca juga: Dortmund buka musim menangi laga hujan tujuh gol kontra Frankfurt
Baca juga: Gladbach dan Bayern berbagi poin buka Liga Jerman musim 2021/22


Tuan rumah mencuri keunggulan pada menit ke-13 ketika Niakhate sigap menyambar bola liar hasil tembakan Stefan Bell yang gagal diantisipasi sempurna barisan pertahanan Leipzig.

Leipzig yang terus lebih banyak menguasai bola tak kunjung mampu mencetak gol penyama kedudukan termasuk ketika sepak pojok kiriman Christopher Nkunku disambut Mohamed Simakan dengan sundulan yang melenceng semenit jelang turun minum.

Lima menit memasuki babak kedua, Mainz nyaris menggandakan keunggulan mereka jika saja bola sepakan kaki kiri Paul Nebel tak dihentikan oleh kiper Peter Gulacsi.

Leipzig memperoleh peluang lain untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-58, tetapi sekali lagi Zentner mampu mementahkan percobaan dari Simakan yang berusaha menyelesaikan umpan silang Nordi Mukiele.

Sedikitnya percobaan tembakan lagi dilepaskan oleh Leipzig, tetapi hingga peluit tanda laga usai terdengar mereka tak kunjung mampu menjebol gawang tuan rumah yang menutup pertandingan menjaga skor kemenangan tipis 1-0.

Di pertandingan selanjutnya, Leipzig akan menjamu VfB Stuttgart di Red Bull Arena pada Jumat (20/8) pekan depan, sedangkan Mainz baru main sehari berselang di markas tim promosi VfL Bochum.

Baca juga: Hasil Liga Jerman: Dua tim promosi kompak derita kekalahan
Baca juga: Tujuh musim beruntun Lewandowski selalu cetak gol pekan pembuka
Baca juga: Direktur Bayern Muenchen akui tertarik mendatangkan Erling Haaland

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021