Jakarta (Antara) - Sebagai upaya untuk mengarusutamakan nilai-nilai Pancasila dalam pengamalan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, maka dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila atau disebut Bulan Pancasila (Juni- Agustus 2021) dan sekaligus Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke- 76, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) telah menyelenggarakan berbagai macam jenis lomba. 
 
Adapun beberapa lomba yang telah dilaksanakan dan/atau sedang berlangsung saat ini antara lain:
 
1. Lomba Pembuatan Video Pendek dan Animasi dengan platform Youtube, kerjasama antara BPIP dengan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR R.I) dengan Tema: 
a. Penguatan Pancasila sebagai Dasar Negara; dan 
b. Pembumian Nilai-Nilai Pancasila di Masyarakat. 
(Pemenang lomba sudah diumumkan tgl. 1 Juni 2021 melalui Youtube dan Instagram BPIP).
 
2. Lomba Video Pendek Berbasis Instagram dan TikTok dengan topik "Laku Pancasila Bagi Millenial". (Pemenang lomba sudah diumumkan tanggal 1 Juni 2021 melalui Youtube dan Instagram BPIP).
 
3. Lomba Orasi 1 Juni, yang disiarkan langsung melalui kanal Youtube BPIP pada tanggal 4 Agustus 2021 dengan tema: “Pancasila Dalam Tindakan, Bersatu Untuk Indonesia Tangguh” dan telah diumumkan melalui akun media sosial (medsos) BPIP pada tanggal 13 Agustus 2021.
 
4. Lomba Pembuatan Cerita Permainan Tradisional dalam bentuk Video, dengan tema "Pancasila Dalam Tindakan Bersatu untuk Indonesia Tangguh." Diumumkan tanggal 13 Agustus di website dan akun medsos BPIP.
 
5. Lomba Vlog dengan tema "Kibarkan Sang Merah Putih di Tiang Tertinggi", akan diumumkan pada tanggal 17 Agustus 2021, melalui akun medsos BPIP.
 
6. Kegiatan penghargaan terhadap Kreativitas Anak Indonesia Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang dilaksanakan secara gotong royong lintas sektor dengan tema Apresiasi Ajang Kreativitas Anak Indonesia Jenjang PAUD: Cita-citaku Untuk Indonesia Tangguh. Hasil pemeringkatan peserta akan diumumkan pada tanggal 17 Agustus 2021 melalui akun medsos BPIP.
 
7. Lomba penulisan Essay dengan tema "Teladan Pancasila Aparatur Negara", rencananya akan diumumkan melalui akun medsos BPIP pada tanggal 31 Agustus 2021.
 
Selain untuk mempopulerkan kembali nilai luhur Pancasila, perlombaan ini juga sebagai ajang menggali inovasi dan kreativitas masyarakat terutama kalangan anak muda.
 
Berdasarkan beberapa kegiatan lomba tersebut, terlihat animo masyarakat sangat besar untuk menggaungkan kembali nilai-nilai luhur Pancasila untuk dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 
 
Menyikapi berbagai masukan dan tanggapan masyarakat terkait lomba Karya Tulis yang telah diberitakan di berbagai media masa, maka kami keluarga besar BPIP merasa senang sebagai lembaga baru yang mendapatkan perhatian yang cukup besar dari masyarakat dan tokoh yang telah memberikan komentar, masukan dan sarannnya. Hal ini juga terlihat banyaknya jumlah pendaftar semenjak diumumkan melalui medsos BPIP hingga sampai dengan saat ini 4 (empat) hari sudah tercatat lebih dari 300 orang pendaftar. 
 
Untuk itu, Lomba Karya Tulis ini akan tetap kami laksanakan dengan mengambil tema:
1. Pandangan Agama Dalam Menguatkan Wawasan Kebangsaan; dan 
2. Peran Masyarakat Dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19 Menuju Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh. 
 
Tema Lomba sebagaimana dimaksud dalam angka 1 dan angka 2 merupakan perubahan dan/atau pengganti dari tema sebelumnya yakni:
1. Hormat Bendera Menurut Hukum Islam; dan
2. Menyanyikan Lagu Kebangsaan Menurut Hukum Islam.
 
Kami sampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh masyarakat sekaligus permohonan maaf, apabila kegiatan yang kami laksanakan kurang sesuai yang diharapkan. 
 
Selanjutnya, Untuk informasi lebih lanjut terkait lomba maupun kegiatan yang telah dilaksanakan oleh BPIP, kiranya berkenan mengunjungi website kami bpip.go.id ataupun menyimak akun-akun media sosial yang telah kami kelola, . Terima kasih.
 
 
Plt. SEKRETARIS UTAMA BPIP
 
 
Dr. Drs. KARJONO, SH, M.Hum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2021