Pangkalpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendistribusikan 100 tabung oksigen konsentrat dan obat-obatan bantuan Presiden Joko Widodo (Jokowi), guna penanganan pasien COVID-19 di rumah sakit daerah itu.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang dengan cepat menindaklanjuti permintaan bantuan oksigen dan obat-obatan pasien COVID-19 ini," kata Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengaku sebelum kedatangan Panglima TNI dan Kapolri pada Sabtu (14/8), pihaknya dihubungi Presiden Joko Widodo menanyakan terkait penanganan COVID-19. Pada kesempatan itu, Erzaldi langsung meminta bantuan oksigen konsentrat dan obat-obatan untuk kebutuhan pasien COVID-19 di rumah sakit dan isolasi terpusat yang tinggi.

Baca juga: KM Tidar tiba di Pelabuhan Dobo hari ini, bawa bantuan Presiden Jokowi

"Alhamdulillah, bantuan 100 tabung oksigen konsentrat lengkap dengan selang dan 300 paket obat isolasi mandiri dari Presiden Jokowi sudah tiba pada Minggu (15/8) dan hari ini Senin (16/8) disalurkan ke rumah sakit, isoter dan pasien isoman yang membutuhkan," ujarnya.

Ia mengatakan saat ini Babel sangat membutuhkan ISO Tank oksigen guna memenuhi pasokan oksigen bagi pasien Covid-19 yang tinggi mencapai 1.890 tabung oksigen per hari.

"Kami sangat berharap presiden dapat membantu ISO Tank oksigen ini, guna mengatasi kelangkaan oksigen untuk pasien COVID-19 ini," katanya.

Ia menambahkan terkait isolasi terpusat, saat ini banyak terbantu dari komunitas masyarakat yang membantu pendirian dapur umum, namun terkait menu makanan tetap dikontrol langsung oleh Dinas Kesehatan.

"Kami terus mengupayakan tracing secara meluas di Babel, namun terkendala pasokan antigen yang terhambat dari pemerintah pusat," katanya.

Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Babel Mikron Antariksa mengatakan bantuan 100 oksigen konsentrat berikut perlengkapannya dari Presiden Jokowi ini tentunya menambah persediaan oksigen pasien COVID-19.

"Sebelumnya, kita juga mendapatkan bantuan oksigen dari Kapolri 50 tabung dan Panglima TNI 50 tabung, sehingga total bantuan oksigen yang diterima pemerintah daerah 200 paket oksigen konsentrat," katanya. *

Baca juga: KSP berkolaborasi sediakan antigen untuk puskesmas di pelosok
Baca juga: RS Kartika Husada terima Oxygen Concentrator bantuan Presiden

Pewarta: Aprionis
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021