Polisi gelar vaksin "door to door" sasar warga disabilitas Pancoran

Polisi gelar vaksin "door to door" sasar warga disabilitas Pancoran

Kapolsek Metro Pancoran Kompol Rudianto kunjungi salah satu rumah calon peserta Vaksinasi Merdeka di RT 05/ RW 01 Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (16/8/2021). ANTARA/Sihol Hasugian

Targetnya itu para lansia penyandang disabilitas dan penyakit tertentu
Jakarta (ANTARA) - Kepolisian sektor (Polsek) Metro Pancoran Jakarta Selatan menggelar vaksinasi dari rumah ke rumah (door to door)  di Kelurahan Pancoran menyasar warga penyandang disabilitas dan lanjut usia (lansia) yang kesulitan menjangkau sentra vaksin di wilayah tersebut.

"Hari ini kita melaksanakan vaksin 'door to door'. Targetnya itu para lansia penyandang disabilitas dan penyakit tertentu. Tadi yang kita datangi salah satunya, seorang ibu tunanetra, (tapi) tensinya tinggi, jadi tidak jadi kita laksanakan (vaksinasi)," kata Kapolsek Metro Pancoran Komisaris Polisi Rudianto di Jakarta Selatan, Senin.

Rudi menuturkan, layanan ini sudah menjangkau 20 warga di wilayah itu dan direncanakan akan terus berlanjut pada 17 Agustus 2021 sesuai dengan jadwal Vaksinasi Merdeka yang diluncurkan oleh Polda Metro Jaya.

Selain melayani lansia dan disabilitas, kata Rudi, vaksinasi itu juga menyasar ibu-ibu menyusui dan ibu hamil sesuai anjuran dari tenaga kesehatan.

Baca juga: Polsek Kalideres gelar vaksinasi warga "door to door"

"Untuk mencari target sasaran, mayoritas kebanyakan masyarakat banyak yang menginginkan Sinovac. Tapi tetap kita prioritaskan yang dosis kedua. Terus ada juga tadi yang ibu menyusui, setelah kita kasih edukasi sehingga dia mau untuk vaksin, kita laksanakan," kata dia.

Lebih lanjut dia menuturkan bahwa jumlah warga yang mengikuti Vaksinasi Merdeka di wilayahnya sudah mencapai 8.000 lebih warga dan angka ini diharapkan semakin bertambah pada vaksinasi terakhir esok (17/8).

Untuk mempermudah proses vaksinasi, pihaknya juga menempeli stiker di pintu rumah-rumah warga yang menandakan warga tersebut sudah dan belum divaksin.

"Setelah kita melakukan vaksinasi tadi, kita juga melakukan penempelan stiker untuk menandakan bahwa warga tersebut sudah divaksin ataupun belum," ujarnya.

Baca juga: Polda Metro sebut angka vaksinasi Jakarta capai angka 96,5 persen

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ini syarat bisa datangkan gerai Vaksinasi Merdeka di Jakarta

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar