60 persen warga Yogyakarta ditargetkan telah divaksinasi akhir Agustus

60 persen warga Yogyakarta ditargetkan telah divaksinasi akhir Agustus

Suasana pelayanan vaksinasi COVID-19 di sentra vaksinasi PDAM Tirtamarta di Kota Yogyakarta, Senin (16/8/21). (ANTARA/HO-Humas Pemkot Yogyakarta)

Yogyakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Yogyakarta melaksanakan program Jogja Merdeka Vaksin dan menargetkan minimal 60 persen warganya sudah mendapat vaksinasi COVID-19 pada akhir Agustus 2021.

“Saya kira perkembangan vaksinasi cukup bagus, menuju arah capaian. Setidaknya akhir Agustus minimal 60 persen warga Yogyakarta tervaksin,” kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat mengunjungi sentra vaksinasi di PDAM Tirtamarta Yogyakarta, Senin.

Sentra-sentra vaksinasi disediakan untuk memudahkan warga mengakses pelayanan vaksinasi COVID-19 dan mempercepat peningkatan cakupan vaksinasi.

Selain di PDAM Tirtamarta Yogyakarta yang saat beroperasi bisa memberikan suntikan vaksin kepada 1.000 orang, Pemerintah Kota Yogyakarta menyediakan sentra vaksinasi COVID-19 di XT-Square serta mendukung pelaksanaan pelayanan vaksinasi massal yang diinisiasi oleh instansi atau lembaga.

“Semakin banyak titik penyelenggaraan vaksinasi, maka masyarakat akan semakin well informed (berpengetahuan) sehingga bisa mengakses lebih mudah,” kata Haryadi.

Warga yang ingin menjalani vaksinasi bisa melakukan pendaftaran secara daring melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS).

“Juga disediakan layanan go show (bagi warga yang datang langsung) dengan kuota tertentu,” kata Wali Kota.

Ia meminta para camat dan lurah terus menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai tempat-tempat pelayanan vaksinasi yang bisa diakses selain di fasilitas pelayanan kesehatan.

Dengan semakin banyaknya sentra layanan vaksinasi selain tempat pelayanan vaksinasi reguler, cakupan vaksinasi COVID-19 di Kota Yogyakarta pada September diharapkan sudah bisa mencapai 75 persen.

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 pada seluruh sasaran ditargetkan selesai pada Desember 2021 di Kota Yogyakarta.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Yudiria Amelia mengatakan, selain menyediakan sentra-sentra vaksinasi pemerintah juga menyelenggarakan pelayanan vaksinasi massal di berbagai tempat.

“Misalnya di DPRD Kota Yogyakarta akan dilakukan vaksinasi massal dosis kedua pekan ini. Begitu juga untuk siswa SMP juga sudah mulai penyuntikan dosis dua dan tetap menyelesaikan dosis pertama,” katanya.

Pelayanan vaksinasi untuk siswa SMP di Kota Yogyakarta akan dipusatkan di kompleks SMP Negeri 5, SMP Negeri 6, SMP Negeri 8, dan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta.

Baca juga:
Malioboro dan Stasiun Tugu Yogyakarta menjadi kawasan wajib vaksinasi
12.000 tenaga kesehatan Yogyakarta akan dapat suntikan ketiga vaksin

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ingin kurangi disparitas, Kemenhub gelar vaksinasi di Yogyakarta & Bantul

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar