Orang tua bisa ajarkan anak keberagaman lewat perayaan HUT RI di rumah

Orang tua bisa ajarkan anak keberagaman lewat perayaan HUT RI di rumah

Ilustrasi - Anak-anak. ANTARA/Pexel.

Jakarta (ANTARA) - Psikolog anak dan keluarga Samanta Elsener M.PSi. mengatakan orang tua perlu mengenalkan dan merayakan momen kemerdekaan atau Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) meski di rumah saja.

Menurut dia, hal itu bisa jadi salah satu cara mengenalkan konsep keberagaman kepada anak-anak.

Baca juga: Ikuti perayaan HUT RI, apa manfaatnya bagi anak-anak?

Pengenalan konsep keberagaman ini mengajarkan anak bisa memahami bahwa ketika masuk ke lingkungan yang lebih besar selain keluarga akan ada hal-hal beragam yang ditemukannya dan itu bukanlah sebuah masalah.

“Ini bisa menjadi pengalaman yang luar biasa untuk mereka, merayakan kemerdekaan sambil membuat memori untuk masa kecil mereka. Ini penting agar anak bisa mendapatkan pendidikan karakter, lewat cara itu anak bisa memahami dan memandang keberagaman di Indonesia itu yang membuat Indonesia bersatu,” kata Samanta saat dihubungi ANTARA, Senin.

Pengenalan keberagaman di momen perayaan kemerdekaan Indonesia pun bisa dilakukan dengan berbagai cara sederhana oleh orang tua meski di rumah saja.

Baca juga: Rayakan HUT RI di tengah pandemi bisa eratkan hubungan keluarga besar

Orang tua bisa memutarkan lagu-lagu daerah dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia, atau orang tua juga bisa mengajak anak mengenal makanan- makanan khas tradisional dari berbagai daerah sehingga anak bisa mulai mengenal keragaman suku dan budaya di Indonesia.

Cara ini pun bisa efektif mengajarkan anak semboyan bangsa Indonesia yaitu “Bhinneka Tunggal Ika” yang memiliki arti berbeda- beda tetapi tetap satu.

Tepat di momen perayaan HUT ke-76 Kemerdekaan RI dengan tema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” pun bisa dikemas dengan cara yang menyenangkan.

Orang tua bisa memasukkan edukasi terkait konsep keberagaman dalam bermasyarakat itu lewat permainan- permainan selayaknya perlombaan di komplek- komplek rumah saat merayakan kemeriahan di tanggal 17 Agustus.

Anak bisa diajak untuk menebak lagu daerah, atau bisa juga anak diajak untuk menebak tokoh pahlawan, hingga lomba melipat atau mengibarkan Bendera Merah Putih dengan baik dan benar.

Lomba pun bisa dilakukan antar orang tua dengan orang tua, atau kakak dengan adik, atau bisa juga antar orang tua dan anak.

Cara seperti itu pun bisa meningkatkan keakraban seluruh anggota keluarga yang ada di rumah dan memaknai momen kesatuan di tengah keluarga

“Dengan lomba- lomba sederhana itu, kondisi bermain bisa menciptakan kesan yang menyenangkan ya di rumah,” tutup Samanta.

Baca juga: Armand Maulana kenang momen perayaan HUT RI di Bandung

Baca juga: Makna kemerdekaan bagi Atiqah Hasiholan


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar