Paralimpiade Tokyo 2020

Leani Ratri bertekad persembahkan emas sebagai kado kemerdakaan RI

Leani Ratri bertekad persembahkan emas sebagai kado kemerdakaan RI

Atlet para bulu tangkis Indonesia Leani Ratri Oktila. ANTARA/paralympic.org

Sebagai atlet, harapan terbesar saya adalah bisa meraih medali emas di Paralimpiade Tokyo yang akan saya hadapi sebentar lagi sehingga saya bisa membanggakan Bangsa Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Atlet para bulu tangkis Indonesia Leani Ratri Oktila bertekad mempersembahkan medali emas saat berpartisipasi dalam Paralimpiade Tokyo 2020 yang dimulai pada 24 Agustus hingga 5 September sebagai kado kemerdekaan RI yang ke-76.

“Sebagai atlet, harapan terbesar saya adalah bisa meraih medali emas di Paralimpiade Tokyo yang akan saya hadapi sebentar lagi sehingga saya bisa membanggakan Bangsa Indonesia,” kata Leani saat dihubungi Antara dari Jakarta, Senin.

Untuk pertama kalinya, cabang bulu tangkis akan debut di ajang Paralimpiade di Tokyo dengan mempertandingkan tujuh nomor putra, enam nomor putri, serta satu nomor campuran.

Baca juga: Pebulu tangkis Leani berambisi sumbang emas di Paralimpiade Tokyo

Leani akan tampil pada tiga nomor sekaligus, yakni tunggal putri SL4, ganda putri SL3-SU5 bersama Khalimatus Sadiyah, dan ganda campuran SL3-SU5 bersama Hary Susanto.

Jika melihat hasil dari turnamen yang diikuti Leani pada periode 2019-2021, atlet para bulu tangkis nomor satu dunia tersebut bisa dibilang sangat berpeluang membawa pulang medali dari Tokyo 2020.

Leani kerap menguasai podium dalam beberapa kejuaraan bergengsi, termasuk juara BWF Para-Badminton World Championships 2019 pada nomor tunggal putri SL4 dan ganda campuran SL3-SU5. Sementara di nomor ganda putri, ia meraih medali perak dari ajang tersebut.

Sebelum tampil di Tokyo, atlet berusia 30 tahun itu sempat turun di 3rd Dubai Para Badminton 2021 pada April lalu sebagai laga perdana sejak pandemi COVID-19 mengacaukan kalender olahraga, termasuk turnamen bulu tangkis.

Leani Ratri memboyong dua gelar dari ajang tersebut, yakni pada nomor tunggal putri klasifikasi SL4 dan nomor ganda putri SL3-SU5 bersama pasangannya, Khalimatus Sadiyah.

Baca juga: Profil atlet Paralimpiade: Ratu parabadminton Leani Ratri Oktila
Baca juga: Indonesia raih dua gelar di Dubai Para Badminton International 2021
Baca juga: Leani Ratri kembali raih gelar pebulutangkis disabilitas putri terbaik


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Inilah cita-cita peraih dua medali emas Paralimpiade Tokyo

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar