Mentok, Babel (ANTARA) - Satuan Tugas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan 4.038 pasien COVID-19 dinyatakan sudah sembuh atau selesai isolasi dan perawatan.

"Dari sebanyak 4.662 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 selama pandemi berlangsung, 4.038 orang sudah sembuh atau sekitar 86,6 persen," kata Juru Bicara Satgas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, M. Putra Kusuma di Mentok, Senin.

Ia menambahkan, jumlah pasien yang sembuh tersebut termasuk tambahan yang terjadi hari ini sebanyak 23 orang, yang berasal dari Kecamatan Simpangteritip delapan orang, Jebus delapan, Parittiga satu, Kelapa satu dan dari Kecamatan Tempilang lima orang.

Baca juga: Pasien COVID-19 sembuh di Babel bertambah 583 orang

Selain terjadi tambahan jumlah pasien sembuh, hari ini juga terjadi penambahan kasus baru sebanyak delapan orang, berasal dari Parittiga dua orang, Kelapa tiga dan masing-masing satu orang dari Mentok, Simpangteritip dan Tempilang.

"Dengan tambahan delapan kasus baru tersebut, jumlah pasien yang masih wajib isolasi menjadi 535 orang. Sedangkan jumlah kasus pasien meninggal dunia tidak ada tambahan, masih 89 kasus selama pandemi COVID-19 berlangsung," ujarnya.

Ia mengharapkan, kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 yang masih dijalankan di daerah itu bisa memberikan dampak positif terhadap pengendalian penularan COVID-19.

Penelusuran dan pemeriksaan terhadap warga yang memiliki kontak erat dengan pasien yang sebelumnya dinyatakan positif COVID-19 terus dilakukan untuk mengetahui jumlah penyebaran virus.

Selain itu upaya memaksimalkan peran lokasi isolasi terpusat di tingkat kecamatan juga sudah dilakukan untuk meminimalkan risiko penularan.

"Saat ini kita sudah mulai mengaktifkan lokasi isolasi terpusat di tingkat kecamatan agar para warga yang sudah dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 lebih patuh dan tidak menularkan virus ke orang lain," katanya.

Baca juga: Pakar: Kasus COVID-19 menurun separuhnya dari angka puncak
Baca juga: Sebanyak 122.025 pasien COVID-19 di Wisma Atlet sembuh

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021