Jakarta (ANTARA) - Film komedi aksi-petualangan “Free Guy” berhasil mengumpulkan penjualan tiket sebesar 26 juta dolar AS atau Rp373,5 miliar sejak pertama kali tayang pada Jumat (13/8) meskipun industri hiburan Amerika Serikat tengah dilanda pandemi COVID-19.

Melansir laporan Variety, Senin, film yang disutradarai Shawn Levy ini diputar di 4.165 bioskop Amerika Utara dengan anggaran produksi sekitar 100 juta dolar AS.

Di luar AS, "Free Guy" telah mengumpulkan 22,5 juta dolar AS (Rp323 miliar) sehingga jika total pendapatan film ini secara global sekitar 51 juta dolar AS (Rp732,6 miliar).

“Penonton menyukai sekuel, jika itu bagus, tetapi terkadang Anda menginginkan sesuatu yang unik,” kepala analis di Box Office Pro kata Shawn Robbins.

Menurut Robbins, keberhasilan film “Free Guy” didorong oleh pemutaran secara eksklusif di bioskop selama 45 hari dan masih belum tersedia di platform streaming untuk ditonton di rumah. Selain itu, ulasan positif dari CinemaScore juga mendorong orang untuk menikmati film ini selama akhir pekan.

Konsultan film Franchise Entertainment Research David A. Gross mengatakan keberhasilan debut "Free Guy" menemukan momen yang sangat baik di tengah pandemi. Namun, ia mengingatkan bahwa industri film belum bisa kembali normal karena kasus COVID-19 terus melonjak dan upaya vaksinasi masih lambat.

“Aktivitas menonton film telah menunjukkan antusiasme selama musim panas, tetapi varian Delta telah mengurangi peningkatan berkelanjutan di atas 50 persen. Di situasi normal, film yang memulai debutnya akan bertahan lebih baik dan lebih tinggi,” kata Gross.

“Free Guy” menandai keberhasilan yang menarik bagi industri film karena pemutaran eksklusif di bioskop jarang terjadi selama ini. Sementara film lain seperti "Black Widow" dan "The Suicide Squad" tayang di bioskop dan platform streaming secara bersamaan pada hari debutnya.

Film “Free Guy” berkisah tentang seorang teller bank (diperankan Ryan Reynolds) yang menemukan bahwa dirinya adalah karakter non-pemain (NPC) dalam video game di dunia yang brutal. Ia bertekad menjadi pahlawan dan menyelamatkan teman-temannya agar tidak dihilangkan oleh pembuat game.

Belum lama ini, Reynolds sempat menulis di akun Twitter-nya bahwa Disney telah mendekatinya untuk rencana membuat sekuel film tersebut.


Baca juga: Ryan Reynolds sebut Disney ingin "Free Guy" dibuat sekuel

Baca juga: Komedi, laga, asmara, game, "Free Guy" punya semua

Baca juga: "Free Guy", ketika karakter video game mencari kebebasannya sendiri

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021