Dengan kegiatan lomba dan upacara virtual, warga tidak perlu lagi berkerumun
Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto mengimbau warganya untuk menggelar lomba dan upacara secara virtual saat perayaan HUT ke-76 RI yang jatuh pada esok, Selasa (17/8).

Menurut dia, kegiatan perlombaan virtual lebih menarik dan aman digelar di tengah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) seperti saat ini.

Dengan kegiatan lomba dan upacara virtual, warga tidak perlu lagi berkerumun di tempat umum sehingga potensi terciptanya klaster COVID-19 bisa dihindari.

Baca juga: Ivan Gunawan ajak 4.000 warga ikut Vaksin Merdeka di Tambora

"Apabila lomba lewat virtual saja, kalau upacara juga lewat virtual, agar tren positif penanganan COVID-19 terus terjaga sampai kondisi normal sehingga segera bebas COVID-19," kata Uus saat dikonfirmasi, Senin.

Sebelumnya, Pemkot Jakarta Barat memang tengah fokus dalam penanganan COVID-19. Salah satu upaya penanganan COVID-19 yakni menggelar vaksinasi massal.

Baca juga: Jakarta Barat kini berstatus zona kuning COVID-19

Jakarta Barat hingga saat ini telah menyuntikkan vaksin kepada 1,4 juta warga untuk dosis pertama dan kedua melalui sejumlah gerai di daerah itu.

"Warga yang sudah divaksin kategori warga DKI dan berdomisili itu ada 1,28 juta," kata Uus.

Dengan demikian, lanjutnya, jumlah tersebut merupakan gabungan dari penduduk yang berdomisili di Jakarta Barat dan warga luar wilayah.

Berdasarkan data yang diterima Uus, katanya, 1,4 juta orang itu merupakan 68 persen dari total target capaian vaksinasi yang ditetapkan Pemkot Jakarta Barat yakni sekitar 2,05 juta jiwa.

Baca juga: Pemkot Jakarta Barat suntikkan vaksin ke 1,4 juta warga

Dia menilai capaian ini merupakan hasil kerja sama tiga pilar yang terdiri dari TNI, Polri dan Pemkot Jakarta Barat dalam menggenjot program vaksinasi massal seluruh wilayah.

Dia memastikan vaksinasi massal akan terus dilakukan hingga warga Jakarta Barat mencapai kekebalan kelompok (herd immunity).


 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021