pembahasan mengenai pentingnya kemandirian pangan sangat perlu diapresiasi.
Purwokerto (ANTARA) - Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerti Prof. Loekas Soesanto menilai bahwa salah satu hal yang ditekankan Presiden Joko Widodo saat menyampaikan Pidato Kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR RI 2021 adalah mengenai pentingnya kemandirian pangan.

"Salah satu hal yang ditekankan Presiden adalah terkait dengan kemandirian pangan," katanya di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Senin.

Menurutnya, pembahasan mengenai pentingnya kemandirian pangan sangat perlu diapresiasi.

"Dalam Pidato Kenegaraan Presiden mengatakan bahwa perkembangan sektor pangan terus diupayakan untuk membangun kemandirian pangan. Pembahasan mengenai kemandirian pangan sangat perlu diapresiasi karena sebagai bangsa besar, Indonesia harus mandiri pangan," katanya.

Baca juga: Ketua DPD tegaskan Indonesia mutlak miliki kemandirian pangan

Dia menambahkan bahwa kemandirian pangan akan dapat memberikan dampak besar terhadap berbagai hal dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Misalkan, akan mendorong para peneliti untuk berlomba menggali potensi dan teknologi pangan lokal..Selain itu pemanfaatan anggaran untuk bidang pertanian juga akan makin meningkat dalam rangka mendukung kemandirian pangan," katanya.

Bahkan, kinerja pelaku sektor pertanian seperti petani, kata dia, juga akan makin meningkat dengan dukungan sarana dan prasarana yang memadai.

"Selain itu dapat juga memanfaatkan dukungan sumber daya alam dengan seimbang dan berkesinambungan serta dijaga kelestariannya," katanya.

Baca juga: Peneliti: Antisipasi tingkat konsumsi beras nasional yang meningkat

Terkait dengan kemandirian pangan, dia juga kembali mengingatkan pentingnya infrastruktur pertanian dalam peningkatan produktivitas pertanian.

Dia menyebutkan bahwa infrastruktur dimaksud antara lain berupa bangunan penyedia air irigasi, saluran irigasi, drainase hingga infrastruktur jalan penunjang pertanian.

"Pemenuhan infrastruktur yang memadai harus menjadi perhatian agar produktivitas dapat optimal, terutama pada masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, peningkatan produktivitas pertanian harus diupayakan untuk mendukung ketahanan dan kemandirian pangan," katanya.

Selain itu dia juga mengingatkan mengenai pentingnya inovasi teknologi pertanian berbasis digital guna mendukung program ketahanan pangan dan kemandirian pangan.

"Inovasi teknologi pertanian berbasis digital sangat diperlukan guna mendukung pengembangan sektor pertanian di Tanah Air," katanya.

T.W004

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021