Peringati HUT RI, Guru Besar UI gelar pertunjukan ketoprak virtual

Peringati HUT RI, Guru Besar UI gelar pertunjukan ketoprak virtual

Grup Ketoprak Guru Besar Universitas Indonesia (UI) bersama Makara Art Center (MAC) akan menyelenggarakan Apresiasi Seni dan Pagelaran Ketoprak Daring dengan lakon Dewi Sri Tanjung. (ANTARA/Foto: Humas UI)

ini dalam rangka menyemarakkan HUT ke-76 Kemerdekaan RI dan melestarikan kesenian tradisional Indonesia
Depok (ANTARA) - Grup Ketoprak Guru Besar Universitas Indonesia (UI) bersama Makara Art Center (MAC) menyelenggarakan Apresiasi Seni dan Pagelaran Ketoprak Daring dengan lakon Dewi Sri Tanjung untuk memeriahkan HUT ke-76 Republik Indonesia, Selasa (17/8).

"Pagelaran ini dalam rangka menyemarakkan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021, dan melestarikan kesenian tradisional Indonesia," kata Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Universitas Indonesia Amelita Lusia dalam keterangannya di Depok, Senin.

Pagelaran diselenggarakan pada Selasa, 17 Agustus 2021, pukul 11.00 WIB - selesai, dan disiarkan live melalui platform Zoom dan kanal Youtube MAC UI.

Baca juga: UI sabet penghargaan kompetisi gas-petrokimia internasional

Dewi Sri Tanjung (DST) merupakan legenda rakyat yang menceritakan kisah cinta Dewi Sri Tanjung dan Raden Sidapaksa yang mendapat gangguan dari Raja Sulakrama yang terpesona pada kecantikan Sri Tanjung dan berusaha untuk merebutnya dari Sidapaksa.

Di akhir kisah, Raja Sulakrama tewas di tangan Sidapaksa karena ia telah memfitnah Sri Tanjung dan mengelabui Sidapaksa.

Penyusun skenario kisah DST adalah Prof. Dr. Agus Aris Munandar (FIB), dengan sutradara Dr. M. Yoesoev (FIB), Prof. Dr. Titik Pudjiastuti selaku pimpinan produksi, dan Prof. Dr. Asep Handaya (FT) bertindak sebagai penyunting & penyelaras video.

Baca juga: Ikatan alumni UI-ITB kerja sama ajak masyarakat ikuti vaksinasi

Setelah sukses mengadakan pertunjukan ketoprak yang pertama pada tahun 2019, saat UI menjadi tuan rumah kegiatan Sidang Tahunan PTNBH (Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum) se-Indonesia, maka di masa pandemi COVID-19 ini tidak menyurutkan semangat grup Ketoprak Guru Besar UI untuk tetap berkarya.

Pementasan Ketoprak Guru Besar UI Dewi Sri Tanjung ini berkerja sama dengan MAC untuk menayangkannya secara daring melalui Youtube agar dapat disaksikan dan dinikmati tidak hanya oleh dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan di lingkungan UI tetapi juga masyarakat luas.

Baca juga: UI gelar kegiatan bulan riset dan inovasi

Kesenian tradisional ketoprak merupakan sebuah teater rakyat Indonesia yang berisi hiburan dengan menyajikan jalan cerita, dialog, serta menampilkan berbagai karakter yang menghidupkan suasana pentas menjadi ramai.

Sebanyak 26 profesor lintas fakultas di UI -- dari FK, FKG, FT, FMIPA, FPsikologi, FISIP, FIA, FIB, FH, FEB, dan FKM-- berperan sebagai tokoh dan pemain dalam pagelaran Ketoprak Guru Besar UI.

Apresiasi Seni dan Pagelaran Ketoprak Daring Guru Besar UI terbuka bagi umum. Bagi yang ingin bergabung mengikutinya melalui platform Zoom dengan meeting ID: 840 2779 1950 dan passcode: 184112, juga disiarkan langsung di Youtube MAC UI pada tautan https://www.youtube.com/channel/UCX8ynEXxLGzsnqwZy6UqZtA.

Baca juga: UI-AEON gelar diskusi lingkungan Asian Students Environment Platform

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Peringati HUT ke-76, DPR RI terus tingkatkan kinerja

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar