Jakarta (ANTARA) - Tim Mitigasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB-IDI) berharap apresiasi Presiden Joko Widodo terhadap kinerja tenaga kesehatan selama menangani pandemi COVID-19 juga dibarengi dengan perbaikan sistem pelayanan kesehatan nasional.

"Kami berterimakasih atas apresiasi negara melalui Presiden kepada tenaga kesehatan," kata Ketua Tim Mitigasi PB IDI Adib Khumaidi yang dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Adib mengatakan profesi di bidang kesehatan menjadi salah satu tenaga strategis yang dibutuhkan negara bahkan dunia, khususnya saat pandemi COVID-19 saat ini.

Baca juga: Presiden: Kerja keras para tenaga kesehatan sangat mengharukan

Ia mengatakan apresiasi pemerintah terhadap kinerja tenaga medis tentunya perlu dibarengi dengan perwujudan perbaikan sistem pelayanan kesehatan nasional yang lebih baik dan siap dalam menghadapi berbagai situasi masalah kesehatan masyarakat.

"Tentunya tindak lanjut dari hal itu, kita bisa berharap dalam penanganan pandemi COVID-19 ini negara juga memperhatikan proses terhadap penanganan sistem layanan kesehatan," katanya.

Adib mengatakan situasi pandemi COVID-19 belum diketahui kapan akan berakhir, sehingga pemerintah perlu mempersiapkan sistem layanan kesehatan secara lebih maksimal.

"Kita tidak tahu kapan pandemi ini selesai, kita berharap ini bisa segera selesai, tetapi jika dalam waktu jangka panjang, maka upaya-upaya ke depan yang harus dilakukan adalah perbaikan terhadap sistem kesehatan nasional," katanya.

Salah satu aspek penting, kata Adib, adalah pelayanan kesehatan, termasuk peningkatan upaya preventif dan promotif di tengah masyarakat agar ditingkatkan.

"Perhatian negara kepada teman-teman dokter dan tenaga medis tenaga kesehatan lainnya juga perlu diperhatikan, termasuk persoalan insentif mereka," katanya.

Baca juga: HUT Ke-76 RI, ketimpangan pelayanan kesehatan masih jadi persoalan

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo saat berpidato pada Sidang Tahunan MPR RI menyampaikan apresiasi terhadap kinerja tenaga kesehatan selama bekerja menangani situasi pandemi COVID-19 di Tanah Air.

"Yang sangat mengharukan dan membanggakan adalah kerja keras dan kerja penuh pengabdian dari para dokter, perawat, dan tenaga kesehatan yang lain," katanya.

Baca juga: Round up - Infrastruktur kesehatan dan modal sosial di Pidato Presiden
Baca juga: Farhan sebut pidato Presiden cermin kepercayaan diri hadapi pandemi

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021