Jalan sekitar Istana Merdeka ditutup saat Upacara HUT Ke-76 RI

Jalan sekitar Istana Merdeka ditutup saat Upacara HUT Ke-76 RI

Istana Kepresidenan menyelenggarakan geladi kotor upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar pada Sabtu, (14/8/2021), di halaman Istana Merdeka, Jakarta. Geladi kotor tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. ANTARA/HO-Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden/pri.

Jakarta (ANTARA) - Petugas Polres Metro Jakarta Pusat menutup sejumlah jalan protokol di kawasan Istana Merdeka selama berlangsungnya Upacara Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Peringatan HUT Ke-76 Republik Indonesia pada Selasa besok.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Lilik Sumardi menjelaskan sterilisasi jalan menuju Istana Merdeka akan diberlakukan hingga sore hari.

Baca juga: Polda Metro tegaskan ganjil-genap berlaku saat upacara HUT RI

"Kita akan buka (jalan) selesai acara. Kan ada penurunan bendera juga, jadi sekitar Magrib, selesai penurunan bendera," kata Lilik saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Lilik menjelaskan pengalihan lalu lintas akan diberlakukan setidaknya di tiga titik jalan sekitar Istana Merdeka.

Jalan Merdeka Timur menuju Merdeka Utara akan ditutup. Kendaraan akan dialihkan ke Jalan Perwira dan berputar di Masjid Istiqlal menuju Jalan Juanda dan Harmoni.

Kemudian, Jalan Veteran III juga ditutup, sehingga pengendara dari arah Jalan Juanda tidak bisa belok ke kiri menuju kawasan Istana Merdeka.

Pengalihan arus juga dilakukan di Simpang Harmoni menuju Monas. Jalan Majapahit menuju Monas akan ditutup, sehingga pengendara dari Jalan Hayam Wuruk dibelokkan ke kiri mengarah Jalan Juanda.

Baca juga: Jalur Istana Merdeka disterilkan saat Upacara HUT Kemerdekaan RI

"Jalan Majapahit tidak bisa (dilintasi) untuk sementara selagi acara berlangsung. Kalau acara sudah tidak berlangsung, kita buka," ujar Lilik.

Sementara itu, Jalan Merdeka Barat menuju Harmoni tidak dilakukan penutupan.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengerahkan sekitar 300 personel kepolisian untuk mengamankan arus lalu lintas di sekitar Istana Merdeka.

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021 akan digelar secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Untuk menjaga kekhidmatan acara dan menghormati peringatan tersebut, seluruh masyarakat diharapkan dapat menghentikan kegiatan sejenak dan mengambil sikap sempurna pada 17 Agustus 2020 pukul 10.17 WIB.

Baca juga: Kapten Infantri Suryadi terpilih jadi Danki Paskibraka HUT ke-76 RI

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Antisipasi demo PPKM, ratusan polantas diterjunkan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar