Ikuti instruksi Luhut, Bupati Bogor paksa pasien OTG isolasi terpusat

Ikuti instruksi Luhut, Bupati Bogor paksa pasien OTG isolasi terpusat

Bupati Bogor, Ade Yasin selaku Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ANTARA/M Fikri Setiawan)

itu harus dipaksa, ditarik ke isoter, supaya tidak menularkan ke yang lain
Cibinong, Bogor (ANTARA) - Bupati Bogor Ade Yasin memaksa pasien COVID-19 yang masuk kategori orang tanpa gejala (OTG), melakukan isolasi terpusat (isoter) sesuai instruksi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

"Jadi bagi mereka yang isoman (isolasi mandiri) tapi tidak memenuhi syarat, itu harus dipaksa, ditarik ke isoter, supaya tidak menularkan ke yang lain," ungkap Ade Yasin di Cibinong, Bogor, Senin.

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor itu menyebutkan belakangan ini dua lokasi isoter di Kabupaten Bogor, yakni di Cibogo, Megamendung dan Kemang, minim penghuni lantaran pasien OTG lebih memilih isolasi mandiri di rumah.

Baca juga: Ade Yasin: Kabupaten Bogor tak terapkan sistem ganjil-genap

Padahal menurutnya, isolasi mandiri bagi pasien OTG cenderung rentan menularkan virus dari pasien kepada anggota keluarga lain yang tinggal serumah.

"Jadi kata Pak Menteri yang juga Koordinator PPKM itu, tempat isoter jangan dikosongin, karena itu ada fasilitas untuk oksigen, makan juga ditanggung. Kecuali (rumah) yang memenuhi syarat. Kamar terpisah, kamar mandinya dan lain lainnya terpisah juga," kata Ade Yasin.

Baca juga: Satgas COVID-19 Bogor mulai layani vaksinasi untuk remaja

Kini, jumlah pasien OTG di dua lokasi isoter Kabupaten Bogor pun kembali bertambah. Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor mencatat, pada Senin, 16 Agustus 2021, isoter di Cibogo dihuni lima pasien dari total 60 tempat tidur, dan isoter Kemang dihuni 16 pasien dari total 84 tempat tidur.

Ade Yasin menyebutkan tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) rumah sakit di Kabupaten Bogor terus menurun, kini hanya di angka 32,67 persen dari total ketersediaan 1.604 tempat tidur.

Baca juga: Bupati Bogor gandeng ormas hingga FKUB untuk percepat vaksinasi

Angka BOR RS di wilayahnya berangsur menurun setelah sempat memuncak hingga 97 persen pada Juli 2021.

Kemudian, penggunaan ruang perawatan intensif atau ICU di Kabupaten Bogor juga terus menurun. Kini BOR ICU 55,19 persen, mengalami penurunan jika dibandingkan dengan angka keterisian sepekan terakhir yang masih di atas 70 persen dari total ketersediaan 154 tempat tidur ICU.

Baca juga: Ade Yasin harap perpanjangan PPKM level 4 yang terakhir di Bogor

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Cara Wali Kota Bogor & Bupati Banyuwangi maksimalkan potensi daerah saat pandemi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar