HUT ke-76 RI, ahli gizi minta masyarakat jaga kandungan nutrisi pangan

HUT ke-76 RI, ahli gizi minta masyarakat jaga kandungan nutrisi pangan

dr. Cindiawaty Pudjiadi, MARS, MS, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik RS Medistra pada kegiatan edukasi kesehatan melalui Webinar Media Vitamin D3 Series dengan tema “New Normal: Masih Perlu Minum Vitamin?" (ANTARA/HO)

protein perlu diutamakan meliputi protein hewani dan nabati, yang harus dibatasi lemak jenuh
Jakarta (ANTARA) - Ahli gizi dr. Cindiawaty J. Pudjiadi MARS, MS, SpGK meminta masyarakat memperhatikan kandungan nutrisi dalam pangan atau makanan yang dikonsumsi agar kesehatan tetap terjaga.

Hal tersebut sejalan dengan ajakan Presiden Joko Widodo pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2021 yang mengatakan masyarakat saat ini memiliki gaya hidup yang lebih sehat.

"Tentu saja, sangat setuju (dengan pidato Presiden Joko Widodo). (Makanan) harus bergizi lengkap dan seimbang. Sumber karbohidrat tidak usah berlebihan, protein perlu diutamakan meliputi protein hewani dan nabati, yang harus dibatasi lemak jenuh. Lalu ada sayur dan buah," kata dr. Cindy saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Senin.

Baca juga: Dokter anjurkan ibu menyusui konsumsi gizi seimbang

Menurut dia, di masa pandemi ini masyarakat terlihat mulai menerapkan gaya hidup sehat seperti lebih memperhatikan asupan nutrisinya serta berolah raga.

"Kalau saya lihat, adanya pandemi ini membuat semakin banyak orang lebih memikirkan asupan nutrisinya dan mulai melakukan gaya hidup sehat. Yang dulu malas berolahraga, sekarang mulai rajin," tutur dokter Spesialis Gizi Klinik di Rumah Sakit Medistra Jakarta ini.

Cindy juga memberikan beberapa saran untuk hidup lebih sehat di antaranya dengan beristirahat cukup, menghindari stres dan mengkonsumsi air putih dua liter per hari.

Baca juga: Ahli: Penderita diabetes konsumsi makanan berserat saat Ramadhan

Baca juga: Dokter sarankan konsumsi telur sebagai sumber gizi lengkap dan murah


Selain itu juga menerapkan protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2021 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin. Salah satunya menyinggung tentang kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat yang semakin meningkat.

Baca juga: Dokter gizi: Tips penuhi gizi anak saat pandemi

Baca juga: Dokter: Posyandu bantu deteksi dan cegah anak gizi buruk


 

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Perubahan gaya hidup pemicu penyakit tidak menular

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar