Kemarin, Sidang Tahunan MPR hingga mutasi di TNI

Kemarin, Sidang Tahunan MPR hingga mutasi di TNI

Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI dalam rangka HUT ke-76 Proklamasi Kemerdekaan RI, di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, pada Senin (16/8/2021). ANTARA/HO-Biro Pers Setpres/Muchlis Jr/am.

Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa di Indonesia terjadi pada Senin (16/8) disiarkan ANTARA dan masih layak Anda baca kembali untuk informasi pagi ini.

1. Presiden kenakan pakaian adat Suku Baduy di Sidang Tahunan MPR

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian adat Suku Baduy pada Sidang Tahunan MPR RI dan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka peringatan HUT Ke-76 RI, serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI yang digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin.

Pakaian yang dikenakan Jokowi serba warna hitam dengan songkok berwarna hitam bercampur biru, seperti ditayangkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Selengkapnya baca disini

2. Pengamat sebut Pidato Kenegaraan Presiden berikan optimisme

Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menyebutkan esensi pidato kenegaraan yang disampaikan Presiden Joko Widodo pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD RI cukup memberikan optimisme.

"Tetapi skema kebijakan yang disertai proyeksi sebagaimana disampaikan presiden diharapkan tidak berhenti di atas kertas. Jangan sekadar menjadi teks pidato tanpa aksi nyata," kata Karyono menanggapi pidato kenegaraan Presiden Jokowi, di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca disini

3. Pidato lengkap Presiden Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR/DPD/DPR 2021

Krisis, resesi, dan pandemi itu seperti api. Kalau bisa, kita hindari, tetapi jika hal itu tetap terjadi, banyak hal yang bisa kita pelajari. Api memang membakar, tetapi juga sekaligus menerangi. Kalau terkendali, dia menginspirasi dan memotivasi. Dia menyakitkan, tetapi sekaligus juga menguatkan. Kita ingin pandemi ini menerangi kita untuk mawas diri, memperbaiki diri, dan menguatkan diri, dalam menghadapi tantangan masa depan.

Selengkapnya baca disini

4. Akademisi soroti isu pemberantasan korupsi absen di Pidato Jokowi

Akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Ahmad Tholabi Kharlie, menyoroti absennya isu pemberantasan korupsi dalam Pidato Presiden Jokowi di Sidang Tahunan MPR, Senin.

"Sangat disayangkan, isu tentang pemberantasan korupsi absen dalam pidato presiden pada sidang tahunan MPR tahun 2021 ini," kata Tholabi dalam keterangan tertulis di Jakarta.

Selengkapnya baca disini

5. Panglima TNI mutasi 21 pati TNI

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto kembali melakukan mutasi dan promosi kepada perwira tinggi (pati) TNI, kini sebanyak 21 pati TNI di tiga matra dimutasi dan mendapatkan promosi jabatan.

Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Laut (KH) Edys Riyanto, dalam siaran persnya, Senin, mengatakan bahwa mutasi jabatan pati TNI itu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/706/VIII/2021 tanggal 12 Agustus 2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Selengkapnya baca disini

Pewarta: Fauzi
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Moeldoko: Pemberantasan korupsi agenda besar Jokowi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar