Jakarta (ANTARA) - Ray Charles dan The Judds akan dilantik ke dalam Country Music Hall of Fame pada 2022 mendatang.

Melansir Fox News, Selasa, pameran museum Hall of Fame mengumumkan dua pemusik yang akan bergabung dalam deretan pemusik country terkenal lainnya yaitu Ray Charles dan The Judds pada Senin (16/8) lalu. Keduanya akan dilantik secara resmi dalam sebuah upacara yang akan digelar tahun 2022.

Ray Charles yang telah meninggal pada tahun 2004 lalu dinilai memiliki pengaruh pada musik country ketika ia merilis "Suara Modern di Musik Country dan Barat," pada tahun 1962. Ini merupakan proyek pribadi Ray yang menentang genre untuk penyanyi dan pemain piano kelahiran Georgia.

Ray kemudian merekan album duet bersama legenda country seperti Willie Nelson, Merle Haggard dan Johnny Cash. Saat itu, Willie memuju dampak Ray pada genre tersebut. Bahkan, keduanya berhasil meraih duet No.1 di tahun 1985 yang disebut "Seven Spanish Angel"

“Faktanya, dia mengambil banyak risiko pada tahun 1962 ketika dia memutuskan untuk merekam 'Modern Sounds in Country and Western Music.'" kata Valerie Ervin, Presiden Yayasan Ray Charles dalam sebuah pernyataan.

"Saya tidak dapat mengungkapkan dengan cukup betapa bahagia dan terhormatnya Ray Charles pada saat ini, seperti saya untuk saat ini,"

Selain Ray Charles, Naomi Judd dan putrinya Wynonna juga merupakan duo paling sukses dalam musik country di tahun 1980-an.​​​​​​​

The Judds merilis enam album studio dan sebuah EP antara tahun 1984 dan 1991. Selain itu, duo ini berhasil memenangkan sembilan CMA Awards dan tujuh dari Academy of Country Music.

The Judds juga pernah mendapatkan lima Grammy Awards untuk lagu "Why Not Me" dan "Give A Little Love".

Namun di tahun 1990, Naomi Judd mengumumkan pengunduran dirinya karena mengalami hepatitis kronis. Sementara Wynonna terus melanjutkan karir solonya. Meskipun begitu, mereka masih tampil bersama dalam beberapa pertunjukan khusus.

Tak hanya Ray Charles dan The Judds, Hall of Fame juga mengumumkan seri tahun ini untuk kategori musisi rekaman yang diberikan pada Eddie Bayers dan Pete Drake.

Baca juga: Legenda musik country Kenny Rogers meninggal dunia

Baca juga: Dixie Chicks ganti nama jadi The Chicks, dukung keadilan ras di AS

Baca juga: Shania Twain kembali rilis album setelah kehilangan suara


Penerjemah: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021