Kita jangan terlena, kita baru berumur 76 tahun, kita inginnya kalau bisa ribuan tahun berdiri
Jakarta (ANTARA) - Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri mengajak seluruh pemuda dan pemudi Indonesia menatap masa depan dengan gagah berani, senantiasa berusaha berdiri di atas kaki sendiri dengan semangat yang tidak kunjung padam.

Pesan itu disampaikan Megawati melalui video pesan pemimpin bangsa yang ditayangkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, di Jakarta, Selasa, sebagai rangkaian peringatan HUT Ke-76 RI.

"Mari pemuda-pemudi Indonesia menatap masa depan dengan penuh gagah berani dan pintar, itu sebuah keharusan untuk bisa kita membangun negeri ini, dengan kekayaan yang belum di-manage untuk menghasilkan sesuatu, untuk kita bisa berdiri di atas kaki sendiri dan semangat itu harus seperti api nan tak kunjung padam," ujar Megawati.

Megawati mengatakan yang terpenting adalah bangsa Indonesia harus mengingat "jas merah", yang artinya jangan sekali-kali meninggalkan sejarah, sebab tanpa itu bangsa Indonesia tidak akan mengetahui dari mana asalnya.

Menurut Megawati, dalam HUT Ke-76 RI rasa kemerdekaan bukan hanya seremonial saja, tetapi harus didalami di dalam sebuah cita-cita ke depan bahwa begitu besar pengorbanan bangsa. Dia menekankan kemerdekaan diraih karena bangsa Indonesia ingin mandiri.

"Kita jangan terlena, kita baru berumur 76 tahun, kita inginnya kalau bisa ribuan tahun berdiri. Itu makna yang ingin saya sampaikan dalam rangka 76 tahun kemerdekaan kita. Sekali lagi, penuh semangat gotong royong, bangunlah jiwanya bangunlah badannya, merdeka," seru putri Bung Karno itu pula.
Baca juga: Megawati Soekarnoputri: Generasi muda harus punya harapan
Baca juga: Hasto: Presiden atasi persoalan bangsa dengan Trisakti

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021