Kami elang-elang Angkatan Udara menjaga Tanah Air dari ketinggian 1.000 kaki.....
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak delapan pesawat tempur F-16 TNI AU dengan "call sign" Garuda Flight membentuk "Arrow Head Formation" saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021 di Istana Merdeka Jakarta, Selasa.

Formasi tersebut dipimpin oleh Letkol Penerbang Agus Dwi Aryanto alumni Akademi Angkatan Udara tahun 2002 yang dalam kesehariannya menjabat sebagai Komandan Skuadron Udara 3.

"Kami elang-elang Angkatan Udara menjaga Tanah Air dari ketinggian 1.000 kaki mengucapkan selamat ulang tahun ke-76 Kemerdekaan Republik tahun 2021, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh. Salam Swa Bhuwana Paksa. Merdeka," kata Letkol Penerbang Agus dari dalam kokpit pesawat F-16 Fighting Falcon yang ditayangkan di kanal Youtube "Sekretariat Presiden".

Formasi "Arrow Head" dari 8 pesawat tempur F-16 Fighting Falcon tersebut melintas dan melakukan manuver "bomb burst" pada ketinggian 1.000 kaki di atas permukaan laut, tepat di atas para peserta upacara.

Selain atraksi F-16, TNI AU juga menyemarakkan Upacara HUT Ke-76 RI dengan melakukan "flypass" membawa bendera 20x30 meter.

"Nusantara Flight" terdiri dari tiga helikopter dengan "giant flight formation" itu dipimpin oleh Letnan Kolonel Ahmad M Mulyono alumni Akademi AU tahun 2002.

Atraksi tersebut ditampilkan di penghujung upacara kemerdekaan.

Dalam upacara tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih untuk mengenakan pakaian adat Pepadun dari Provinsi Lampung.

Pakaian adat yang dipakai Presiden terdiri atas baju lengan panjang berwarna putih yang dipadukan dengan celana panjang berwarna putih juga.

Di luarnya, dibalut dengan sarung tumpal yaitu kain sarung khas Lampung yang dipakai Kepala Negara menutup celana dari pinggang hingga lutut. Penampilan Presiden dilengkapi dengan kain selendang, ikat pinggang, dan tutup kepala yang semuanya berwarna senada merah.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo tampak anggun mengenakan busana nasional berwarna gading dilengkapi kain songket. Penampilan sederhana Ibu Iriana tampak dilengkapi dengan jilbab berwarna senada.

Sedangkan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Ibu Wury Ma'ruf Amin tampak serasi mengenakan pakaian adat Sunda dari Sukabumi, Jawa Barat. Wapres terlihat cukup elegan dengan setelan jas tertutup (beskap) dan celana panjang warna biru yang dipadukan dengan kain samping batik yang diikatkan di pinggang.

Selaras dengan Wapres, Ibu Wury juga tampak anggun mengenakan kebaya bersulam warna biru polos dengan bawahan kain jarik putih bermotif batik khas Sunda yang biasa disebut sarung kebat atau sinjang bundel.
Baca juga: Wapres berpakaian Sunda hadiri Upacara HUT ke-76 RI di Istana Merdeka
Baca juga: Presiden Jokowi kenakan pakaian adat Lampung saat Upacara HUT ke-76 RI

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021