Makassar (ANTARA) - Universitas Muslim Indonesia (UMI) menggelar Istighosah Kebangsaan dalam memperingati HUT ke-76 Republik Indonesia yang dilakukan secara daring dan luring terbatas di Masjid Menara UMI Makassar, Selasa.

Ketua Panitia HUT RI UMI Prof Dr Hatta Fattah MS, mengatakan pelaksanaan Istighosah Kebangsaan sebagai upaya memohon pertolongan dan ridho Allah SWT agar pandemi COVID-19 segera berakhir.

"Harapannya mendapatkan keberkahan agar persoalan yang kita hadapi bisa terselesaikan. Persoalan kita itukan bagaimana bisa mengatasi pandemi COVID-19 yang telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan," ujarnya.

Baca juga: Warga Magelang upacara HUT Ke-76 RI dalam nuansa perdesaan

"Kegiatan istigosah ini sekaligus mendoakan para pahlawan bangsa atau pahlawan nasional khususnya Andi Pangerang Pettarani, Andi Djemma, Pajonga Daeng Ngalle Karaeng Polongangkeng yang juga bagian dari pendiri UMI," sambungnya.

Khusus nama Pajonga Daeng Ngalle Karaeng Polongangkeng yang telah diabadikan dengan nama jalan, kata dia, awalnya merupakan lokasi kampus pertama dan pusat pertumbuhan UMI Makassar di masa lalu.

Ia menjelaskan, peringatan HUT RI ke 76 yang kita lakukan tahun ini, juga dimaksudkan untuk memupuk sikap nasionalisme.

"Kami berharap seluruh keluarga UMI menjaga spirit kemerdekaan dan semangat keberislaman, karena kedua hal itu merupakan makna dan jati diri UMI," jelasnya.

Baca juga: Penuh khidmat dalam kesederhanaan upacara HUT Ke-76 RI di Papua Barat
Baca juga: Pengendara di perempatan CSW kumandangkan Indonesia Raya
Baca juga: Jet tempur F-16 bentuk formasi "Arrow Head" saat upacara kemerdekaan

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021