Jakarta (ANTARA/JACX) - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, dalam video sepanjang 10 menit yang beredar di YouTube, dikabarkan mundur dari jabatannya.

Megawati kemudian mendelegasikan posisinya sebagai petinggi partai berlogo banteng moncong putih itu kepada salah satu kadernya, yakni Joko Widodo (Jokowi), sebagaimana dinarasikan dalam salah satu video milik kanal Youtube POLITIK NUSANTARA

Hingga Selasa (17/8), konten digital tersebut tercatat sudah diputar ulang hingga 155.637 kali dan disukai sekitar 1.500 pengguna YouTube.

"Berita Terkini ~ Mundur Dari PDIP ! Megawati Tunjuk Jokowi Gantikan Jadi Ketua Umum PDIP," demikian keterangan judul video yang diunggah pada 6 Agustus 2021. 

Namun, benarkah Megawati menunjuk Jokowi jadi Ketua Umum PDIP?
Tangkapan layar narasi hoaks yang menyatakan Megawati tunjuk Jokowi jadi Ketua Umum PDIP. (Youtube)


Penjelasan:
Faktanya, hingga Selasa (17/8), tidak ada satu pun media arus utama yang membenarkan klaim Megawati Soekarnoputri mundur dari posisi Ketua Umum PDI Perjuangan.

Dipantau dari akun Instagram resmi PDIP, @pdiperjuangan, tidak ditemukan pula informasi serta pengumuman resmi soal penunjukkan Jokowi sebagai ketua umum baru PDIP.

Setelah ditelusuri, video di YouTube itu hanya berisi pendapat tentang sejumlah sosok yang berpeluang menjadi pengganti Megawati jika mundur dari posisi Ketum PDIP.

Jadi dapat disimpulkan, video yang menyebut Megawati Soekarno Putri mundur dari posisinya dan menunjuk Jokowi sebagai Ketua Umum Partai PDIP merupakan konten menyesatkan. 

Klaim: Megawati tunjuk Jokowi jadi Ketua Umum PDIP
Rating: Salah/Hoaks

Cek fakta: Megawati pidato di podium berlogo palu arit didampingi Jokowi?

Cek fakta: Megawati mau ubah Pancasila? Ini faktanya

Cek fakta: Megawati minta Jokowi pecat Anggota TNI yang razia buku berbau PKI? Ini penjelasannya

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2021