Komunitas selam Biak kibarkan Merah Putih di dasar laut

Komunitas selam Biak kibarkan Merah Putih di dasar laut

Suasana pengibaran bendera Merah Putih memperingati HUT ke-76 Republik Indonesia dilakukan Divers Biak Community di perairan laut pelabuhan Biak Mina Jaya Kabupaten Biak Numfor.(ANTARA/HO/dokumen pribadi Suwanda Tjandra)

Biak (ANTARA) - Puluhan anggota komunitas selam di Biak yang tergabung dalam Divers Biak Community mempunyai cara yang unik untuk memperingati Hari Ulang Tahun Ke-76 Republik Indonesia dengan melakukan pengibaran bendera Merah Putih di dasar laut dalam area Pelabuhan Biak Mina Jaya.

Keterangan tertulis diterima dari komunitas penyelam Biak, Selasa, menyebutkan, kegiatan pengibaran bendera Merah Putih di dasar laut memberikan pesan tentang makna kemerdekaan Republik Indonesia tahun kedua di masa pandemi COVID-19.

"Kegiatan ini adalah wujud rasa syukur terhadap momentum bersejarah setiap tanggal 17 Agustus, karena menjelang perayaan HUT RI seluruh rakyat akan mewujudkan rasa syukur itu dengan berbagai even dan acara. Sebagai wujudnya Pemkab Biak Numfor bersama Komunitas Divers Biak dari Biak dan Supiori kita lakukan upacara HUT RI diselenggarakan di bawah air," ungkap Ketua Divers Biak, Papua,  Suwanda Tjandra bersama salah satu anggota komunitas Wolter Mendel.

Baca juga: Warga Magelang upacara HUT Ke-76 RI dalam nuansa perdesaan

Tujuan lain dari kegiatan ini, menurut Suwanda, tentunya sebagai bentuk semangat dan mengekspresikan diri karena merasa bangga terhadap perjuangan para pahlawan yang telah berhasil merebut kemerdekaan RI selama 76 tahun silam dari penjajah.

"Di sisi lain kegiatan ini juga sebagai bentuk menjaga tali silaturahim antarsesama divers dan komunitasnya yang aktif di Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Supiori,"ujar Suwanda.

Upacara pengibaran bendera ini dipimpin langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Biak Numfor Markus O. Masnembra mewakili Bupati Herry Naap dan menyerahkan bendera secara langsung untuk kemudian dikibarkan para divers di bawah laut sambil mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

"Ini adalah semangat kemerdekaan yang kami miliki dan kami ekspresikan dengan cara kami. Berharap pesan kita sebagai seorang divers bahwa dibawah laut juga ada kehidupan dan tentunya kita harus jaga bersama-sama untuk kelestariannya agar dapat dinikmati tidak hanya oleh kita tapi juga anak cucu kita kelak,"harap Suwanda Tjandra yang juga penghobi fotografi bersama Ismail.

Berdasarkan data penyelaman upacara bendera di bawah laut diikuti sebanyak 35 penyelam dari total keseluruhan 182 anggota Biak Divers Community 182 orang.

Baca juga: UMI gelar Istighosah Kebangsaan peringati HUT ke-76 RI
Baca juga: MUI: Maknai kemerdekaan RI dengan memberikan solusi di setiap masalah

 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komunitas penyelam Jayapura gelar upacara bendera di bawah laut

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar