Anugerah Satyalancana Pembangunan diberikan kepada Sunarwan Asuhadi, seorang peneliti muda pada Loka Perekayasaan Teknologi Kelautan Wakatobi ...
Jakarta (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono menyerahkan secara simbolis piagam Anugerah Satyalancana dari Presiden RI kepada 1.531 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Sebagaimana Keputusan Presiden, saya ucapkan selamat kepada pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan yang hari ini menerima penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan, Satyalancana Wira Karya dan Satyalancana Karya Satya," kata Menteri Trenggono setelah mengikuti Upacara Bendera Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 secara virtual dari Kantor Pusat KKP di Jakarta, Selasa.

Anugerah Satyalancana Pembangunan diberikan kepada Sunarwan Asuhadi, seorang peneliti muda pada Loka Perekayasaan Teknologi Kelautan Wakatobi yang berhasil menginisiasi Wahana Perekayasaan Teknologi Konservasi Biota (Wakatobi) Sea Bamboo.

Satyalancana Wira Karya diberikan kepada lima pegawai yang berhasil berkarya di bidang kelautan dan perikanan, yaitu Jamal Basmal, Peneliti Utama pada Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan.

Baca juga: KKP tetapkan perlindungan bagi 22 Masyarakat Hukum Adat

Kemudian Ellis Mursitorini, PHPI Muda pada Loka Pemeriksaan Penyakit Ikan dan Lingkungan Serang; Hariyano, Perekayasa Madya pada Balai Perikanan Budidaya Laut Ambon; Sal Sal Purba, Perekayasa Muda pada Balai Perikanan Budidaya Laut Batam; serta Mahmud Efendi, Penyuluh Perikanan Pertama pada Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Tegal.

Untuk Satyalancana Karya Satya sendiri diberikan kepada perwakilan ASN yang telah mengabdi di KKP dalam kurun waktu 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun yang terus menerus menunjukkan loyalitas, kecakapan, kedisiplinan, kesetiaan kepada negara.

"Kepada Bapak Ibu penerima Satyalancana hari ini, anda merupakan ujung tombak terdepan Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk hadir di tengah-tengah masyarakat kelautan dan perikanan dalam memberikan pelayanan yang terbaik," tegas Menteri Kelautan dan Perikanan.

Baca juga: Penerima Satyalancana Kebaktian Sosial diperluas untuk pejuang COVID

Menteri Trenggono turut mengingatkan seluruh pegawai KKP untuk bekerja optimal, khususnya dalam melaksanakan program prioritas KKP yang bertujuan menjaga keberlanjutan ekologi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat menuju ekonomi biru.

Ketiganya yakni peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sumber daya alam perikanan tangkap untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan, pengembangan perikanan budidaya untuk meningkatkan ekspor perikanan, serta pembangunan kampung-kampung perikanan budi daya air tawar, air payau dan air laut berbasis kearifan lokal.

"Terobosan-terobosan dan inovasi baru perlu diciptakan untuk mendukung pencapaian tiga hal tersebut," ucapnya.

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021