Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat 52 ribu warganet dan sivitas kementerian mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia secara virtual.

Berdasarkan data Kominfo, warganet paling banyak mengikuti upacara virtual dari akun TikTok Kemkominfo, sebanyak lebih 45 ribu orang. Sementara di YouTube, terdapat lebih dari 6.000 warganet yang mengikuti siaran langsung. Kominfo juga membuka akses via Zoom untuk sivitas kementerian, yang diikuti 1.000 peserta.

"Terima kasih untuk semua rakyat Indonesia, pegawai dan ASN Kominfo. Dirgahayu Indonesia, sekali lagi Dirgahayu Indonesia selamat hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021," kata Menteri Kominfo Johnny G. Plate, dalam siaran pers, Selasa.

Mengenai perayaan Kemerdekaan tahun ini, Menteri Johnny menyatakan optimisme dan ketangguhan seluruh bangsa Indonesia di tengah pandemi virus corona.

"Tahun yang penuh tantangan, tapi Indonesia bisa, Indonesia tangguh Indonesia tumbuh," kata Johnny.

"Marilah kita bersama-sama, Keluarga Besar Kominfo bekerja secara serius dan sungguh-sungguh untuk membangun Kominfo, membangun negeri kita, membangun masyarakat kita," kata Johnny.

Menteri Johnny, yang saat upacara menggunakan pakaian adat Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur, didampingi Sekretaris Jenderal Mira Tayyiba, Inspektur Jenderal Doddy Setiadi, Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika sekaligus pelaksana tugas Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Ismail, Dirjen Aplikasi Informatika Semuel A. Pangerapan, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong, Kepala Badan Pengembangan dan Penelitian Hary Budiarto, Direktur BAKTI Anang Latief, Staf Ahli Menkominfo Bidang Hukum Henri Subiakto, Staf Ahli Menkominfo Bidang Media Widodo Muktiyo, Staf Khusus Niken Widiastuti dan Philip Gobang.

Menkominfo mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia secara virtual dari ruangan pers di kantor Kementerian Kominfo.

Baca juga: COVID di Brunei naik, KBRI gelar upacara virtual HUT Kemerdekaan

Baca juga: Gen Z tentukan ruang digital yang sehat

Baca juga: Kominfo terus upayakan digitalisasi UMKM

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021