Tanjungbalai (ANTARA) - Prajurit TNI-AL Lanal Tanjungbalai Asahan (TBA) mengibarkan bendera Merah Putih di tower navigasi Pulau Jemur, perbatasan Indonesia dengan Malaysia dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-76 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021.

Danpos AL Pulau Jemur Letda Laut (P) Lamhot M Solin, dalam keterangan tertulisnya, Selasa, mengatakan, bendera Merah Putih berukuran 6 x 10 meter itu dikibarkan tiga orang Prajurit Jala Bhakti.

Bendera berkibar melingkari tower navigasi dengan ketinggian 20 meter yang berdiri di puncak Pulau Jemur, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.

Baca juga: Komunitas Selaras Alam di Agam peringati HUT RI khas cara rakyat

"Inisiatif mengibarkan bendera di tower navigasi Pulau Jemur untuk memeriahkan HUT Ke-76 RI," katanya.

Selain itu kata Lamhot, pengibaran bendera Merah Putih juga bertujuan untuk menunjukkan kepada semua pihak termasuk awak kapal yang melintasi perairan Selat Malaka yang berbatasan langsung dengan Indonesia-Malaysia bahwa Pulau Jemur adalah milik NKRI yang kedaulatan wilayahnya harus tetap dipertahankan.

"Ini juga instruksi dari Komandan Lanal TBA Letkol Laut (P ) Robinson Hendrik Etwiory agar semua Pos Maritim TNI AL wajib mengibarkan bendera Merah Putih. Tujuannya untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Lamhot.

Baca juga: Nakes berpakaian hazmat bersama pasien COVID-19 peringati HUT RI
Baca juga: Masyarakat-pemerintah Desa Manyampa kibarkan bendera di hutan mangrove
Baca juga: Komunitas selam Biak kibarkan Merah Putih di dasar laut

Pewarta: Juraidi dan Yan Aswika
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021