Memang benar kedua pejabat dari PNG telah memberikan ucapan selamat ke Indonesia melalui Konsulat RI di Vanimo
Jayapura (ANTARA) - Kapolda West Sepik Superintendent Joey Poema dan Wali Kota Vanimo, Papua Nugini (PNG) Joey Toni memberikan ucapan selamat HUT Ke-76 Republik Indonesia ke Konsulat RI di Vanimo.
 
"Memang benar kedua pejabat dari PNG, Selasa, telah memberikan ucapan selamat ke Indonesia melalui Konsulat RI di Vanimo," kata Konsul RI di Vanimo Allen Simarmata kepada ANTARA, Selasa.
 
Ketika dihubungi dari Jayapura, Konsul Allen mengaku, kedua pejabat itu berharap hubungan antarkedua negara yang berbatasan langsung makin terjalin erat, khususnya dengan kepolisian.
 
Bahkan, Kapolda West Sepik itu juga mendatangi Konsulat RI di Vanimo untuk memastikan kegiatan upacara peringatan HUT Ke-76 RI berlangsung aman, kata Allen seraya menyatakan peringatan HUT RI selain diikuti staf konsulat, juga WNI dan pekerja migran Indonesia (PMI).
 
Sebanyak 70 orang hadir dan mengikuti upacara dengan tetap mematuhi protokol kesehatan terkait COVID-19.
 
Usai upacara, kata Allen Simarmata, kemudian dilanjutkan dengan lomba tradisional khas 17-an, seperti memasukkan pensil ke dalam botol dan ramah-tamah serta mengikuti peringatan HUT Ke-76 RI yang dilaksanakan di Istana Merdeka, Jakarta.
 
Ketika ditanya berapa banyak PMI yang menjadi nafkah di wilayah kerja Konsulat RI di Vanimo, Allen mengaku saat ini tercatat 350 orang yang sebagian besar bekerja di bidang perkayuan dan perkebunan kelapa sawit.
 
Konsulat RI di Vanimo sejak 2020 lalu membantu pemulangan 632 PMI yang dilakukan melalui PLBN Skouw, kata Allen Simarmata pula.
Baca juga: Penuh khidmat dalam kesederhanaan upacara HUT Ke-76 RI di Papua Barat
Baca juga: Gubernur Enembe minta kaum milenial maknai kemerdekaan RI dengan baik

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021