Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR Sjarifuddin Hasan mengajak masyarakat untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan di masa sulit.

“Saya rasa, sifat-sifat luhur Indonesia mesti dimaksimalkan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia di masa sulit,” kata Syarief Hasan dalam keterangan tertulis yang diterima oleh ANTARA di Jakarta, Selasa.

Ia mengungkapkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang sangat tangguh, sebab selalu sanggup melewati berbagai kesulitan sehingga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tetap berdiri kokoh dan tak tergoyahkan.

Saat ini, Indonesia kembali diuji dengan sebuah bencana nasional, yakni pandemi Covid-19. Bencana ini telah memberi dampak kepada berbagai sendi kehidupan masyarakat. Bahkan, telah merenggut begitu banyak korban jiwa.

Baca juga: Masih ada jalan atasi pandemi COVID-19

Sejak kemunculannya 1,5 tahun lalu, pemerintah terus berupaya keras meminimalisir penyebaran virus. Di akar rumput, rakyat mendukung dan menjalankan berbagai upaya pemerintah tersebut.

"Selama pandemi, saya juga melihat karakter asli bangsa seperti toleransi dan gotong royong benar-benar muncul," kata dia.

Pimpinan MPR dari Partai Demokrat ini menyampaikan hal tersebut usai mengikuti 'Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT RI Ke-76' secara virtual dari Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Acara tersebut dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara di Istana Negara, Selasa.

Momen HUT ke-76 RI tahun ini, lanjut Syarief Hasan, adalah saat yang tepat bagi semua elemen bangsa, baik itu pemerintah, tokoh bangsa, partai politik, organisasi masyarakat, dan rakyat biasa, untuk lebih semangat lagi bergandeng tangan, saling menguatkan, tidak mudah menyerah, dan terus berusaha bersama-sama menghadapi pandemi.

Berbicara masalah pengentasan pandemi, Syarief Hasan mengingatkan bahwa hal pertama yang harus diperhatikan adalah kesehatan rakyat. Di antaranya, memaksimalkan vaksin gratis dan efektif untuk mencapai imunitas massal, lalu menyediakan fasilitas perawatan dan pengobatan yang cukup bagi rakyat terinfeksi, dan sosialisasi prosedur kesehatan harus terus digaungkan.

"Jika kesehatan rakyat tercapai dan pandemi lambat laun menghilang, maka yang harus diupayakan selanjutnya adalah fokus kepada perbaikan perekonomian rakyat sehingga keadaan akan kembali seperti sebelum terjadi pandemi, bahkan lebih," ujarnya.

Melihat pentingnya kebersamaan untuk mencapai tujuan, Syarief Hasan mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk menjadi bagian dari penyelesaian masalah bangsa.

"Mari kita contoh kerasnya perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan," ucap Syarief Hasan.

Baca juga: HUT Kemerdekaan RI, 707 WBP Rutan Depok dapat remisi
Baca juga: Para atlet rayakan HUT ke-76 RI dengan berfoto bersama bendera

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021