ini aksi spontan
Banda Aceh (ANTARA) - Enam penyelam di wilayah Kota Sabang, Aceh melakukan pengibaran bendera Merah Putih di bawah kawasan Wisata Taman Laut, Pulau Rubiah, Iboih, dalam rangka memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Aktivis Konservasi Laut Sabang Iskandar Dodent, Selasa, mengatakan pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut tersebut sebagai bentuk atensi pemuda dalam membangun semangat kemerdekaan, meski di tengah pandemi COVID-19.

"Ini aksi spontan, jadi kita tidak buat kegiatan besar-besar karena pandemi. Momentum ini kita jadikan sebagai refleksi atas perjuangan para pahlawan dalam memerdekakan Tanah Air ini," kata Iskandar Dodent di Kota Sabang.

Dia menjelaskan dengan segala pembatasan kegiatan di tengah pandemi COVID-19, namun semangat para pemuda dalam merayakan HUT Kemerdekaan RI tidak boleh luntur.

Apalagi, kata dia, Indonesia sudah menghadapi wabah virus corona hampir dua tahun dengan segala dampak termasuk sektor ekonomi. Maka sebab itu dibutuhkan semangat bersama untuk melawan penyebaran virus mematikan itu.

Baca juga: Tim SAR Aceh Jaya kibarkan Merah Putih di laut
Baca juga: Aceh Tengah kibarkan bendera raksasa di Danau Laut Tawar


 
Penyelam mengibarkan bendera merah putih di bawah laut kawasan Wisata Taman Laut, Pulau Rubiah, Iboih, Kota Sabang, Selasa (17/8/2021). ANTARA/HO-RTD

Iskandar berharap pandemi COVID-19 segera berakhir, agar aktivitas ekonomi sektor pariwisata sebagai mata pencaharian masyarakat di pulau ujung barat Indonesia itu kembali bangkit, sebagai upaya menyejahterakan rakyat.

"Sudah hampir dua tahun kita pandemi, banyak kegiatan pariwisata ditunda dan ekonomi masyarakat juga terpuruk. Maka kita berharap pandemi ini segera berakhir," katanya.

Para penyelam itu berasal dari Rubiah Tirta Divers (RTD) dan Ie Ceuko Community. Mereka yang mengibarkan bendera merah putih di bawah laut tersebut di antaranya Ronny Rinaldo, Supriyadi Irfan, Arie Kaltu, Irwandi, Hendra Saputra, Fajrianda dan Muhammad Rafi sebagai pembawa boat.

Sebelumnya, secara terpisah, Pemerintah Kota Sabang juga melakukan upacara secara sederhana peringatan HUT ke 76 Kemerdekaan Republik Indonesia, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di Lapangan Playground Kota Sabang.

Upacara peringatan Kemerdekaan RI yang mengangkat tema "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh" itu berlangsung hikmat, dengan peserta masing-masing lima orang personel dari Lanud Maimun Saleh, Kodim 0112/Sabang, Lanal Sabang, Polres Sabang dan Satpol-PP & WH Kota Sabang.

"Pelaksanaan Upacara HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini kita laksanakan secara sederhana dengan penuh hikmat dan tetap mengikuti protokol kesehatan ketat, serta mengikuti upacara secara virtual bersama Bapak Presiden Republik Indonesia," kata Wali kota Sabang Nazaruddin.

Baca juga: Masyarakat-pemerintah Desa Manyampa kibarkan bendera di hutan mangrove
Baca juga: Jakpro kibarkan bendera merah putih raksasa di proyek JIS
Baca juga: Bendera Merah Putih raksasa tetap dikibarkan di Bukit Klotok Kediri

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021