... Tahun ini, pakaian adat Lampung menjadi pilihan Presiden dan hal itu jelas sangat membanggakan masyarakat Lampung dan saya pribadi sebagai putra daerah karena hal ini langsung mengenalkan kekayaan budaya Lampung
Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir mengaku bangga pakaian adat Lampung menjadi pilihan Presiden Joko Widodo yang menjadi inspektur upacara saat penaikan bendera Merah Putih dalam peringatan Hari Kemerdekaan ke-76 RI.

"Tradisi mengenakan baju nasional saat memperingati Hari Kemerdekaan sudah dimulai Presiden Jokowi sejak tahun 2017, dan selalu berganti setiap tahunnya. Tahun ini, pakaian adat Lampung menjadi pilihan Presiden dan hal itu jelas sangat membanggakan masyarakat Lampung dan saya pribadi sebagai putra daerah karena hal ini langsung mengenalkan kekayaan budaya Lampung," ujar Erick Thohir dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Pakaian adat Lampung naik daun dalam peringatan Hari Kemerdekaan ke-76 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8).

Presiden Joko Widodo yang menjadi inspektur upacara saat penaikan bendera Merah Putih dan Menteri BUMN, Erick Thohir yang hadir secara virtual ketika upacara penurunan bendera, sama-sama mengenakan pakaian adat provinsi yang dijuluki Sai Bumi Ruwa Jurai.

Presiden Jokowi mengenakan baju Tulang Bawang, sebutan untuk baju adat Lampung dengan motif Lampung Pepaduan yang didominasi warna putih.

Sedangkan Menteri BUMN Erick Thohir, yang berasal dari Gunung Sugih, Lampung Tengah, memakai baju adat Lampung Saudatin yang mayoritas berwarna merah.

Untuk pria, baju adat Lampung terdiri atas baju lengan panjang, celana panjang, sarung tumpal, sesapuran, kopiah, dan khikat akhir.

Sarung tumpal merupakan kain khas Lampung yang ditenun dengan benang emas, sedangkan khikat akhir atau selendang bujur dikenakan dengan cara disampirkan di pundak untuk menutupi bahu.

"Tahun lalu, saat peringatan HUT Kemerdekaan, saya juga memakai pakaian adat Lampung. Bagi saya, mengenakan pakaian Tulang Bawang selalu mengingatkan kembali kepada mendiang ayah yang kelahiran Lampung, dan juga akar saya berasal," kata Erick Thohir.

Baca juga: Aan Ibrahim: Jokowi mempesona kenakan busana adat Lampung Pepadun

Baca juga: Presiden kenakan busana adat Lampung dorong percaya diri perajin

Baca juga: Wali Kota Bandarlampung bangga Presiden kenakan pakaian adat Lampung

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021