Sorong (ANTARA) - Bank Indonesia bersama Badan Musyawarah Perbankan Daerah menggelar vaksinasi massal bagi 953 warga Manokwari, Papua Barat sebagai wujud nyata dedikasi untuk ikut serta dalam penanganan kondisi darurat pandemi COVID-19.

Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Papua Barat, Henry Daniel Hutagalung di Manokwari, Selasa, mengatakan bahwa vaksinasi massal tersebut berlangsung pada 16 Agustus 2021 dalam menindaklanjuti arahan Presiden RI terkait akselerasi vaksinasi nasional khususnya di lingkungan industri jasa keuangan (IJK).

Dia mengatakan, vaksinasi massal diikuti 953 orang penerima vaksin, yang terdiri atas pegawai, keluarga pegawai dan nasabah sektor jasa keuangan serta masyarakat di wilayah Kabupaten Manokwari.

Baca juga: 1,2 juta penduduk Indonesia disuntikkan vaksin COVID-19 pada Selasa

Menurutnya, vaksinasi COVID-19 merupakan kondisi prasyarat yang penting dalam pengendalian COVID-19 dan percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Sebab itu, Ia menghimbau dalam setiap penyelenggaraan acara tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat agar dapat menghambat penularan COVID-19.

Sebagai upaya pemulihan ekonomi di Papua Barat serta kepedulian kepada masyarakat dari dampak selama pandemi COVID-19, BI Provinsi Papua Barat bersama BMPD Manokwari juga memberikan kontribusi dalam bentuk sembako dan vitamin bagi penerima vaksin terbatas pada jumlah target kunjungan program vaksinasi.

Program sosial ini juga menjadi bentuk kontribusi Bank Indonesia dan Industri Jasa Keuangan untuk turut hadir di setiap makna Indonesia.

Selain itu, pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada panitia Dapur Lapangan Manokwari dalam bentuk penyediaan bahan baku makanan siap saji untuk 1 .000 masyarakat yang menjalani isolasi mandiri.

Bank Indonesia Papua Barat memberikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Papua Barat, serta segenap pihak terkait lainnya atas terselenggaranya kegiatan vaksinasi massal insan sektor jasa keuangan dan masyarakat Provinsi Papua Barat.

"Dengan kolaborasi dan sinergi bersama, harapannya dapat membantu percepatan terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok di wilayah Manokwari dan Papua. Kesadaran masyarakat dalam meningkatkan kekebalan tubuhnya melalui vaksinasi di Papua Barat perlu diperkuat, sehingga program vaksinasi nasional dapat segera terwujud serta menjadi bagian dari upaya bersama untuk memulihkan perekonomian nasional, khususnya di Provinsi Papua Barat," tambah dia.

Baca juga: Satgas COVID-19: Pembukaan sektor perbelanjaan akan diperluas
Baca juga: Polsek Cilandak berikan penghargaan bagi relawan vaksinasi COVID-19

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021