Makassar (ANTARA) - Penyelam TNI AL Lampia Lantamal VI mengibarkan bendera Merah Putih di dasar laut dengan kedalaman 17 meter di sekitar perairan Parasulu Lampia, Luwu Timur, Sulsel.

"Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2021 di Kabupaten Luwu Timur," kata Komando Pos TNI AL (Danposal) Lampia Serma LIS Yosep RD dalam keterangan persnya di Makassar, Selasa.

Dia mengatakan, kegiatan pengibaran bendera Merah Putih di dalam air ini dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga: NTB gaungkan WSBK dan MotoGP di HUT ke-76 RI
.
Menurut dia, ada sejumlah pihak yang ikut serta dalam kegiatan tersebut yakni dua prajurit penyelam TNI AL lampia bersama club selam di Luwu Timur yaitu dari Mori Diving Club dari CDS Sorawako, 3 personel lagi dari PT Vale dan 2 personel dari SAR Lutim.

Setelah selesai pengibaran bendera Merah Putih di derek ke darat selanjutnya diserahkan ke Rumah Jabatan Bupati Luwu Timur dan diterima langsung Bupati Lutim Budiman.

Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI di dasar laut tersebut, lanjut Yosep, sekaligus mengajak untuk mencintai dan menjaga laut Indonesia yang demikian luasnya.

Baca juga: Penyelam kibarkan merah putih di dasar laut Gorontalo

"Potensi laut harus dijaga demi Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Selain itu, juga menyosialisasikan untuk mencintai negeri dengan menjaga kedaulatan darat, laut dan udara.
Suasana di sela pengibaran bendera Merah Putih di dasar laut perairan Parasulu Lampia, Luwu Timur, Sulsel. ANTARA Foto/ HO/Dispen Lantamal VI

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021