Ini perintah Kapolri terkait program Vaksinasi Merdeka

Ini perintah Kapolri terkait program Vaksinasi Merdeka

Menteri Kesehatan Budi Gunadi (kiri), Panglima TNI Jenderal TNI Hadi Tjahjanto (kedua kiri) dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo (ketiga kiri) berikan penghargaan kepada para relawan yang turut berperan dalam proses Vaksinasi Merdeka dalam Malam Apresiasi Relawan Vaksinasi Merdeka di Polda Metro Jaya, Selasa (17/8/2021). ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat.

Saya perintahkan kepada seluruh wilayah untuk melakukan replikasi
Jakarta (ANTARA) -
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memerintahkan kepada seluruh jajarannya untuk meniru program Vaksinasi Merdeka sehingga bisa diterapkan di seluruh Indonesia.

"Saya perintahkan kepada seluruh wilayah untuk melakukan replikasi, mengadopsi yang dilaksanakan Polda Metro Jaya," kata Listyo di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Selasa.

Listyo berharap kegiatan vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah pusat dengan dukungan TNI-Polri tersebut bisa dipercepat dan berjalan dengan baik di tingkat provinsi maupun kabupaten sehingga hasilnya bisa langsung dirasakan masyarakat.

Dia juga menambahkan bahwa penerapan program Vaksinasi Merdeka secara nasional hanyalah batu loncatan menuju target 70 persen vaksinasi nasional.

"Ini bukan capaian akhir, tapi batu lompatan untuk mengejar target dari Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan 'herd immunity' 70 persen masyarakat Indonesia harus bisa tervaksinasi dan kegiatan ini sudah," tambahnya.

Baca juga: Polri beri penghargaan kepada relawan Vaksinasi Merdeka

Listyo memerintahkan kepada jajaran Kepolisian Republik Indonesia untuk meniru program Vaksinasi Merdeka setelah program tersebut sukses mencapai target 100 persen vaksinasi kepada seluruh warga DKI Jakarta.

Program ini berawal ketika Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menginstruksikan kepada TNI-Polri dan seluruh pihak terkait untuk menyusun strategi percepatan vaksinasi COVID-19 secara masif dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengajukan program Vaksinasi Merdeka.

"Saat kita 'launching',  beliau (Kapolda Metro Jaya) menyampaikan bahwa tanggal 17 Agustus 2021 diharapkan bisa tembus pemberian vaksin dosis pertama 100 persen. Alhamdulilah, kita tagih sebelum 17 Agustus, pada 8 Agustus tembus 100 persen dan saat ini masuk vaksin tahap dua kurang lebih 50 persen," kata Listyo.

Program Vaksinasi Merdeka adalah salah satu strategi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta untuk mempercepat vaksinasi guna mewujudkan kekebalan kelompok 100 persen di Ibu Kota.

Vaksinasi Merdeka yang diluncurkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berlangsung pada 1-17 Agustus 2021 dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan Ke-76 Republik Indonesia.

Baca juga: Polsek Cilandak berikan penghargaan bagi relawan vaksinasi COVID-19

Program vaksinasi yang sekarang diluncurkan menjadi solusi bagi masyarakat Jakarta karena hadir di lokasi dekat mereka tinggal sehingga mudah diakses.

Polda Metro Jaya didukung oleh para relawan seperti tenaga kesehatan dan resimen mahasiswa (menwa), pengurus RT/RW sampai ibu-ibu PKK.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Presiden tinjau Vaksinasi Merdeka di kampus IPB

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar