Dinas Koperasi NTB kurasi 27 UKM penyedia suvenir di Mandalika

Dinas Koperasi NTB kurasi 27 UKM penyedia suvenir di Mandalika

Kepala Dinas Koperasi dan UKM NTB Wirajaya Kusuma. ANTARA/Nur Imansyah.

Mataram (ANTARA) - Sebanyak 27 Usaha Kecil Menengah (UKM) di Nusa Tenggara Barat disiapkan menjadi penyedia merchandise event atau suvenir kegiatan yang nantinya diselenggarakan di Destinasi Super Prioritas Nasional (DSPN) Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM NTB Wirajaya Kusuma mengatakan, 27 UKM ini merupakan hasil seleksi dari 100 lebih usaha kecil yang mengikuti kurasi di wilayah itu.

"Jadi 27 UKM ini yang kita persiapkan untuk menyediakan merchandise pernak pernik bagi wisatawan yang berkunjung ke Mandalika," ujarnya di Mataram, Selasa.

Menurutnya, ke 27 UKM tersebut akan ditempatkan pada gerai atatu toko khusus yang disediakan di kawasan Destinasi Super Prioritas Nasional (DSPN) Mandalika.

Untuk jenis produk yang nantinya disediakan, kata Wirajaya, terdiri dari berbagai macam produk hasil karya UKM di NTB, mulai dari tas, t-shirt, boneka, makanan ringan, dan lain sebagainya.

"Kalau produknya banyak macam-macam. Namun semua produk yang nanti dipasarkan sudah digawangi MotoGP Mandalika," ucapnya.

Ia optimis, produk-produk yang nantinya dipasarkan pada saat event-event di Mandalika, seperti MotoGP dan WSBK akan laku keras seiring prediksi puluhan ribu pengunjung yang datang untuk menyaksikan setiap event di tempat itu.

"Nanti seluruh UKM ini akan tergabung dalam satu wadah koperasi sehingga memudahkan koordinasi saat event-event digelar," terang Wirajaya.

Meski tidak semua UKM masuk, namun pihaknya berharap UKM lainnya juga ikut mempersiapkan diri untuk menghasilkan produk-produk yang berkualitas.

Selain itu, dirinya berharap adanya sinergi antara UKM dengan pelaku wisata seperti perhotelan dan restoran, agar UKM dapat terus produktif.

"Perlu ada sinergi dan kolaborasi antar pelaku wisata yang lain, sehingga bisa saling mengisi," katanya.
Baca juga: KemenkopUKM: Perlu kemitraan kembangkan usaha mikro di Mandalika
Baca juga: 22 UMKM NTB disiapkan jadi official merchandise MotoGP Mandalika

 

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Royke Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Peran krusial perguruan tinggi dalam hadirkan inovasi bisnis

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar