Liga Jerman

Bayern rengkuh Piala Super Jerman seusai tundukkan Dortmund 3-1

Bayern rengkuh Piala Super Jerman seusai tundukkan Dortmund 3-1

Para pemain Bayern Muenchen merayakan gol kedua Robert Lewandowski (kedua kiri) ke gawang Borussia Dortmund dalam pertandingan Piala Super Jerman di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman, Selasa (17/8/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Leon Kuegeler)

Jakarta (ANTARA) - Bayern Muenchen merengkuh trofi Piala Super Jerman seusai menundukkan Borussia Dortmund dengan skor 3-1 di Stadion Signal Iduna Park, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Kemenangan itu tak ubahnya jadi penghormatan sempurna dari Bayern untuk mendiang mereka, Gerd Mueller, yang berpulang pada Minggu (15/8) dan namanya sempat mereka kenang dalam jersey spesial yang dipakai saat sesi pemanasan jelang sepak mula.

Robert Lewandowski mengemas dwigol yang diselingi sumbangan gol Thomas Mueller untuk menyokong kemenangan Bayern, sedangkan upaya Dortmund membalas hanya membuahkan satu gol dari Marco Reus, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Baca juga: Bayern kenang mendiang Gerd Mueller dalam Piala Super Jerman
Baca juga: Era baru Leipzig bersama Jesse Marsch ditandai kekalahan lawan Mainz


Bayern memenangi Piala Super Jerman untuk kesembilan kalinya dan trofi tersebut menandai raihan pertama mereka di bawah pelatih anyar, Julian Nagelsmann, yang meneruskan tongkat estafet dari Hansi Flick.

Pertandingan berlangsung seru sejak sepak mula, melunasi label "super" yang tersemat untuk laga antara dua juara Jerman musim lalu tersebut.

Tuan rumah sebetulnya punya peluang emas untuk membuka keunggulan pada menit ke-20 saat Jude Bellingham mengirimkan umpan terobosan yang bisa dikejar oleh Reus, menciptakan situasi satu lawan satu dengan kiper Manuel Neuer.

Namun Neuer bereaksi lebih cermat dengan menjulurkan kakinya untuk menghalau tembakan Reus dan hanya menghasilkan sepak pojok bagi Dortmund.

Pada menit ke-34, Bayern nyaris unggul saat bola muntah tembakan Thomas Mueller yang dimentahkan kiper Gregor Kobel jatuh di hadapan Lewandowski, tetapi sepakan bomber Polandia itu dihadang oleh Axel Witsel tepat di garis gawang.

Dua menit berselang Youssoufa Moukoko sukses menyarangkan bola ke dalam gawang Bayern, sayang gol itu segera dianulir lantaran talenta muda tersebut sudah terjebak offside saat Erling Haaland mengirim umpan terobosan.

Baca juga: Dortmund buka musim menangi laga hujan tujuh gol kontra Frankfurt
Baca juga: Benjamin Pavard absen lama bela Bayern akibat cedera pergelangan kaki


Dortmund mengancam lagi pada menit ke-40 saat Manuel Akanji mengirimkan umpan jauh akurat yang bisa dikejar dan diselesaikan baik oleh Haaland, tapi Neuer keluar dari sarangnya untuk mementahkan tembakan tersebut.

Semenit kemudian, justru Bayern yang berhasil memecahkan kebuntuan saat Dortmund kehilangan bola di tengah lapangan dan Serge Gnabry mengakhirinya dengan umpan silang matang yang ditanduk oleh Lewandowski untuk mengoyak jala gawang tuan rumah.

Keunggulan Bayern bertambah empat menit memasuki babak kedua saat Mueller dengan dingin menyontek bola muntah hasil penyelamatan tak sempurna Kobel atas tembakan Lewandowski.

Pada menit ke-53, sekali lagi hakim garis merusak selebrasi para pemain Dortmund ketika ia memastikan bahwa Haaland sudah terjebak offside saat menerima dan menyelesaikan umpan terobosan dari Bellingham.

Dortmund akhirnya memetik buah kerja keras mereka pada menit ke-64 saat Reus mencetak gol indah dari tepian busur lengkung luar kotak penalti untuk memperdaya Neuer demi memperkecil ketertinggalan jadi 1-2.

Akan tetapi Dortmund gagal melanjutkan momentum itu dan gawang mereka malah bobol lagi pada menit ke-74, lantaran blunder umpan Akanji diteruskan Corentin Tolisso ke arah Lewandowski yang kemudian dengan tenang menaklukkan Kobel untuk melesakkan bola ke pojok bawah tiang dekat, merestorasi keunggulan dua gol Bayern.

Dortmund berpacu dengan waktu untuk bangkit, tapi serangan-serangan mereka tak kunjung membuahkan hasil termasuk ketika Mahmoud Dahoud mengirim umpan terobosan apik yang bisa dikejar Haaland, sayang gangguan dari Niklas Suele membuat bola tembakannya hanya menghantam jala luar gawang.

Bayern mengangkat trofi pertama mereka musim ini dengan kemenangan 3-1 atas Dortmund, mengobati sedikit kekecewaan setelah laga pembuka Liga Jerman berakhir imbang 1-1 melawan Borussia Moenchengladbach akhir pekan kemarin.

Baca juga: Direktur Bayern Muenchen akui tertarik mendatangkan Erling Haaland
Baca juga: Leverkusen rekrut pemain berusia 16 tahun Zidan Sertdemir

 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar