Liga Champions

Sheriff Tiraspol di ambang catatan bersejarah Liga Champions

Sheriff Tiraspol di ambang catatan bersejarah Liga Champions

Logo Liga Champions melekat dalam bola resmi yang digunakan dalam kompetisi sepak bola paling bergengsi antarklub Eropa tersebut. (ANTARA/AFP/Denis Charlet)

Jakarta (ANTARA) - Sheriff Tiraspol di ambang catatan bersejarah sebagai klub Moldova pertama yang tampil di fase grup Liga Champions, setelah memenangi leg pertama playoff kualifikasi melawan Dinamo Zagreb.

Menjamu Dinamo di Bolshaya Sportivnaya Arena, Selasa waktu setempat (Rabu WIB), Sheriff menang meyakinkan 3-0 atas jawara Kroasia tersebut berkat dwigol Adama Traore dan satu gol dari Dimitris Kolovos, demikian catatan laman resmi UEFA.

Statistik pertandingan memperlihatkan tim tamu sebetulnya tampil mendominasi tak kurang dari 61 persen penguasaan bola sepanjang laga, tapi mereka gagal menerjemahkan itu jadi serangan yang cukup efektif.

Sebaliknya Sheriff tampil agresif dengan melepaskan 19 percobaan tembakan, yang meski hanya empat saja yang menemui sasaran tetapi mampu membuahkan tiga gol.

Baca juga: Monaco mungkin tanpa Nuebel saat laga playoff Liga Champions
Baca juga: Resmi gabung PSG, Lionel Messi ingin juarai Liga Champions lagi


Kebuntuan pecah di pengujung babak pertama saat bek sayap Cristiano da Silva Leite mengirim umpan terobosan yang diselesaikan sempurna oleh Traore dari tengah kotak penalti.

Skor 1-0 membuat Sheriff tampil percaya diri dan sembilan menit selepas turun minum mereka menggandakan keunggulannya melalui tembakan kaki kanan Kolovos meneruskan umpan dari Momo Yansane.

Dinamo berusaha membalas tetapi sayangnya tembakan Luka Ivanusec pada menit ke-62 masih bisa ditepis kiper Georgios Athanasiadis dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Alih-alih membalas, gawang Dinamo dibobol lagi oleh Traore yang menuntaskan gelombang serangan balik Sheriff menyelesaikan umpan terobosan kiriman Henrique Luvannor.

Skor 3-0 bertahan hingga bubaran, membuat Dinamo memikul beban berat jika ingin meloloskan diri ke fase grup Liga Champions musim ini.

Sebaliknya, Sheriff di atas kertas hanya butuh hasil imbang kala bertandang ke Stadion Maksimir pada Rabu (25/8) pekan depan untuk melakoni debut di babak utama Liga Champions.

Bila berhasil lolos, ini akan menjadi keberhasilan pertama Sheriff dalam 19 percobaan menembus babak utama Liga Champions.

Pada 2009/10 Sheriff sempat mencapai babak playoff kualifikasi, sayang mereka kalah 0-1 dan 0-2 melawan wakil Yunani, Olympiakos.

Baca juga: Monaco, PSV dan Benfica masuk playoff Liga Champions
Baca juga: Istanbul gelar final Liga Champions 2023, Muenchen digeser ke 2025
Baca juga: Juve, Barca dan Madrid dipastikan main di Liga Champions musim depan

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar