Kemarin, tarif pemeriksaan PCR turun hingga BI luncurkan SNAP

Kemarin, tarif pemeriksaan PCR turun hingga BI luncurkan SNAP

Sejumlah calon penumpang pesawat melakukan proses lapor diri sebelum melakukan penerbangan di area Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (12/8/2021). ANTARA FOTO/Fauzan/rwa.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Selasa (17/8/2021) mulai dari tarif pemeriksaan RT-PCR di bandara turun menjadi Rp495.000 hingga Bank Indonesia (BI) meluncurkan Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP).

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Tarif pemeriksaan RT-PCR di Airport Health Center turun

PT Angkasa Pura II (Persero) menyampaikan bahwa tarif untuk pemeriksaan RT-PCR di Airport Health Center di Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang) dan Bandara Husein Sastranegara (Bandung) turun menjadi Rp495.000 (hasil 1x24 jam).

Penurunan tarif ini sejalan dengan Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor: HK.02.02/I/2845/2021 tentang Batas Tarif Tertinggi Pemeriksaan Reserve Transcrption Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

Berita selengkapnya klik di sini

2. Menteri BUMN dorong realisasi swasembada gula konsumsi

Menteri BUMN Erick Thohir menekankan swasembada gula konsumsi harus dilakukan dan dijalankan kendati menghadapi banyak tantangan.

"Peta jalan sudah dipaparkan bagaimana swasembada gula konsumsi direalisasikan dan dijalankan ke depan. Ini banyak tantangan dan pasti banyak yang tidak suka, tetapi Lillahi Ta'ala kita harus jalankan," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Peran konsumsi rumah tangga 2022

Kontribusi konsumsi rumah tangga terhadap perekonomian pada tahun 2022 diperkirakan mencapai 54 persen atau tumbuh ke level normal yang mencapai 5,0-5,3 persen, meningkat dibanding kisaran 2,2 persen-2,8 persen semester II 2021.

"Pertumbuhan konsumsi rumah tangga pada tahun 2022 akan didorong pola aktivitas dan mobilitas masyarakat yang lebih baik pascapemulihan dari eskalasi pandemi COVID-19 baik di tahun 2020 maupun 2021,” demikian Buku II Nota Keuangan RAPBN 2022.

Berita selengkapnya klik di sini

4. Strategi substitusi impor 35 persen

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melansir strategi Kementerian Perindustrian menggolkan kebijakan substitusi impor 35 persen pada 2022 untuk mengurangi ketergantungan impor dan mendorong penguatan struktur industri dalam negeri.

"Kemenperin telah mengeluarkan kebijakan Substitusi Impor 35 persen pada 2022 dengan prioritas pada industri-industri dengan nilai impor yang besar pada 2019,” katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Peluncuran Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP)

Bank Indonesia (BI) meluncurkan Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP) untuk menciptakan industri sistem pembayaran yang sehat, kompetitif, dan inovatif, sehingga dapat menyediakan layanan sistem pembayaran kepada masyarakat yang efisien, aman dan andal.

"Ini adalah kado indah yang kami berikan untuk merayakan kemerdekaan kita. Kami sajikan untuk masyarakat kita agar bisa lebih baik dan tentu saja untuk kemajuan industri dan kemajuan kita bersama," kata Gubernur BI Perry Warjiyo.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sri Mulyani: Kenaikan konsumsi & produksi bekal pemulihan 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar