Sorong (ANTARA) - Komando Armada III TNI AL menggelar vaksinasi Covid-19 gratis dosis kedua bagi masyarakat nelayan di Pulau Soop, Sorong, Provinsi Papua Barat, Rabu.

Vaksinasi dosis kedua itu lanjutan serbuan vaksinasi dosis pertama yang diselenggarakan pada 18 Juli 2021.

Serbuan vaksinasi itu berlangsung sangat dinamis. Prajurit Komando Armada III TNI AL, Pangkalan Utama TNI AL XIV/Sorong, dan Pasukan Marinir 3 yang terlibat menyeberangi laut dengan kapal KAL Tornado, KAL Pintar, dan dua unit sea raider tiba dalam keadaan selamat setelah berlayar ke sana selama dua jam guna menjangkau masyarakat.

Baca juga: Laut Arafuru pun diarungi demi mengemban misi vaksinasi

Panglima Komando Armada III TNI AL, Laksamana Muda TNI Irvansyah, mengatakan, vaksinasi masyarakat di kepulauan tersebut sesuai perintah Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dan arahan Kepala Staf AL, Laksamana TNI Yudo Margono.

Irvansyah mengatakan, mereka terus melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 secara berkelanjutan, yakni dosis pertama dilanjutkan dosis kedua mulai perkotaan, pesisir, hingga pulau-pulau kecil di daerah yang sulit terjangkau.

Baca juga: Jalasenastri TNI AL gelar "Serbuan Vaksin"

“Tantangan vaksinasi di Pulau Soop antara lain belum ada transportasi dan aliran listrik serta jalan kampung belum terkoneksi dengan baik. Transportasi antar kampung belum ada sehingga masyarakat yang akan mengikuti vaksin kita antar jemput menggunakan kendaraan roda tiga,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Pulau Soop merupakan salah satu Kampung Bahari Nusantara yang sudah dibina Komando Armada III TNI AL sehingga minat masyarakat mengikuti vaksin cukup tinggi.

“Kami juga berkoordinasi dengan satuan lain TNI, polisi, serta pemerintah daerah untuk melaksanakan vaksin bagi masyarakat kepulauan yang belum vaksin,” ujarnya.

Baca juga: TNI AL vaksin 400.000 warga pesisir di seluruh Indonesia

Vaksinasi mereka itu dilaksanakan kepada masyarakat maritim secara masif di pesisir dan pulau-pulau kecil memakai kapal-kapal perang, ke wilayah-wilayah yang sulit dijangkau di Papua dan Maluku.

"Tujuan hanya satu mencapai target yang diharapkan Presiden Joko Widodo, yakni vaksinasi dua juta orang dalam sehari sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19," kata dia. 

#ingatpesanibu
#sudahvaksintetap3M
#vaksinmelindungikitasemua
​​​​​​​
Baca juga: TNI AL akan berikan vaksin COVID-19 buat ABK langsung di atas kapal

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021