Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI Dewi Savitri Wahab telah menyerahkan surat kepercayaan kepada Kepala Negara Lithuania, Presiden Gitanas Nauseda, di Istana Kepresidenan setempat pada Selasa (17/8).

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu, dikatakan bahwa kegiatan penyerahan surat kepercayaan itu dilakukan dalam pertemuan dengan Presiden Lithuania, di mana Dubes Dewi menyampaikan salam hangat serta pesan dari Presiden Joko Widodo untuk memperkuat kerja sama serta hubungan bilateral antara kedua negara.

Kegiatan itu juga diawali dengan upacara sambutan dan Dubes RI memeriksa pasukan jajar kehormatan Lithuania, menurut keterangan tersebut.

Dewi Savitri Wahab merupakan Duta Besar LBBP RI untuk Kerajaan Denmark dan merangkap Republik Lithuania. Sebelumnya pada 20 April 2021, dia telah menyerahkan surat kepercayaan kepada Ratu Margrethe II sebagai Kepala Negara Kerajaan Denmark.

Indonesia dan Lithuania telah menjalin kerja sama di berbagai sektor, termasuk di bidang politik, ekonomi dan perdagangan, serta sosial dan budaya. Peluang pengembangan ke depannya termasuk di beberapa sektor yang menjadi keunggulan Lithuania, termasuk life sciences.

Kedua negara telah menikmati hubungan diplomatik selama 28 tahun sejak tahun 1993.

Indonesia menganggap Lithuania sebagai mitra yang penting, baik dari bidang politik, ekonomi, sosial maupun budaya. Lithuania juga memiliki beberapa keunggulan, seperti di bidang life sciences, teknologi digital, keamanan siber dan pendidikan.

Kedekatan hubungan kedua negara ditandai dengan kunjungan dan pertemuan tingkat pejabat tertinggi Lithuania ke Indonesia, termasuk lawatan Presiden Dalia Grybauskaite ke Indonesia pada tahun 2017, di mana untuk pertama kalinya Presiden Lithuania mengadakan kunjungan ke Indonesia.

Baca juga: Indonesia-Denmark bahas kerja sama energi terbarukan sektor kelautan
Baca juga: Moeldoko: Komitmen Presiden sangat kuat pada isu perubahan iklim


Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2021