kolaborasi ini melahirkan berbagai inisiatif yang memerdekakan insan perfilman
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan tiga jilid buku mengenai peluang karier industri film yang berjudul “Peluang Karier Industri Film Indonesia”.

“Saya mengapresiasi inisiatif teman-teman dan kerja sama yang sudah terjalin. Ke depan, saya berharap kolaborasi ini melahirkan berbagai inisiatif yang memerdekakan insan perfilman untuk belajar dan berkarir,” ujar Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim, dalam peluncuran buku secara virtual yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Dia menambahkan buku tersebut referensi penting bagi insan perfilman di Tanah Air. Terdapat tiga jilid buku tersebut, yakni jilid pertama membahas ragam profesi dalam industri perfilman, jilid kedua merupakan himpunan regulasi dalam bidang perfilman, dan jilid ketiga memuat daftar istilah atau glosarium dalam industri perfilman.

“Kami berharap buku ini dapat dinikmati masyarakat luas dan insan perfilman memiliki cara pandang yang luas untuk mengadaptasi produksi film meskipun dalam kondisi pandemi,” terang dia.

Baca juga: Insan perfilman yang miliki sertifikat kompetensi baru 20 orang

Baca juga: Kemendikbud : sertifikasi insan film tingkatkan sektor perfilman

 

Penyusunan buku itu diinisiasi atas dasar pentingnya memberikan pemahaman yang lebih praktis pada masyarakat tentang ragam profesi, terminologi, dan regulasi yang saat ini berkembang dalam dunia perfilman nasional.

Insan perfilman yang dimotori oleh berbagai organisasi profesi bidang perfilman telah bahu membahu menyusun berbagai Standar Kompetensi Kerja nasional (SKKNI) dan Kualifikasi Kerja Nasional Indonesia (KKNI) dalam bidang perfilman. Penyusunan standar itu bertujuan menjaga kualitas tenaga di bidang perflman dan menjadi satu standar minimal yang menjadi acuan.

“Melalui peluncuran buku ini, diharapkan bisa menjadi pembuka jalan bagi produksi pengetahuan lainnya di industri film dan menjadi penghubung antara dunia pendidikan dengan dunia industri perfilman. Semoga buku ini bermanfaat dalam menambah wawasan bagi dunia industri perfilman dan masyarakat luas pada umumnya,” harap Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kemendikbudristek, Judi Wahjudin.

Baca juga: Vaksin bawa angin segar untuk industri film dan musik

Baca juga: Kemendikbud buka seleksi beasiswa bidang perfilman


Pewarta: Indriani
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021