Sains tidak lagi menjadi pelajaran yang menakutkan
Jakarta (ANTARA) - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) melakukan sejumlah terobosan agar sains dapat semakin disenangi masyarakat.

“Kami berusaha menyajikan sains dengan cara-cara menyenangkan. Untuk tahap awal, kami memberikan edukasi untuk jenjang perguruan tinggi dahulu. Ke depan, kami akan membuat konten serupa untuk peserta didik PAUD hingga jenjang SMA,” ujar Wakil Dekan FMIPA UI Bidang Sumber Daya Ventura, dan Administrasi Umum, Prof Dr Yoki Yulizar MSc, dalam taklimat media secara virtual di Jakarta, Rabu.

Dia menambahkan untuk tahap awal, konten-konten pembelajaran sains diberikan untuk mendukung pendidikan jarak jauh (PJJ) jenjang pendidikan tinggi. Dengan demikian, mahasiswa dapat mengakses pembelajaran secara asinkronous yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

“Dalam waktu tidak terlalu lama, sebagai bagian pengabdian pada masyarakat kami akan menghadirkan konten-konten sains yang menarik baik dalam bentuk video, modul maupun podcast. Sehingga sains tidak lagi menjadi pelajaran yang menakutkan tetapi menyenangkan,” terang dia.

Yoko menambahkan revitalisasi itu merupakan wujud inovasi untuk membawa FMIPA UI pada persaingan di era digital dalam penyajian konten baik secara visual, penataan segmentasi, dan ragam informasi. Pembaruan tampilan telah diadaptasi dari perilaku pengakses informasi yang telah berubah. Melalui tampilan baru tersebut, ia berharap penyebaran informasi menjadi lebih cepat dan mudah melalui berbagai perangkat.

Baca juga: Tim mahasiswa FMIPA UI raih juara pertama Cigna Innovation Competition

Baca juga: Cegah COVID-19, UI kembangkan alat disinfektan sinar ultra violet


Dia menambahkan hal itu merupakan bagian dari revitalisasi laman FMIPA UI. Pihak FMIPA UI secara resmi meluncurkan tampilan laman website baru yang lebih user friendly, komprehensif, dan kekinian dengan mengusung konsep clean, clear, dan compact.

Revitalisasi tersebut dilakukan untuk mempermudah para pengakses agar dapat lebih mudah dan cepat dalam menemukan informasi terkini di FMIPA UI melalui berita, laman media sosial, juga agenda kegiatan.

Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswa, Dr Techn Djoko Triyono MSi, mengatakan revitalisasi laman tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya dalam implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di FMIPA UI.

Djoko menjelaskan laman tersebut merupakan rumah virtual bersama bagi para sivitas, alumni, user, mitra, dan stakeholder, yang memuat berbagai informasi di lingkungan FMIPA UI.

“Setelah dilakukan perbaikan pada tampilan website sebelumnya, kami menilai perlu untuk dilakukan beberapa penekanan khususnya pada fitur-fitur yang mencerminkan kondisi yang berkembang saat ini,” kata Djoko.

Baca juga: UI tambah guru besar dari FMIPA

Baca juga: UI buka program studi Magister Fisika Medis


Pewarta: Indriani
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021