Warga senang Ancol mulai buka lagi

Warga senang Ancol mulai buka lagi

Pengunjung Taman Impian Jaya Ancol bersepeda di kawasan Pantai Lagoon, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, saat kawasan rekreasi itu dibuka kembali mulai Rabu (18/8/2021). (ANTARA/Abdu Faisal)

Jakarta (ANTARA) - Warga mengaku senang Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, mulai membuka kembali pelayanan pada Rabu.

Seorang pengunjung Ancol asal Tanjung Priok, Edy (61) bersepeda keliling sepanjang Pantai Lagoon, Ancol, mengaku senang.

"Ini Alhamdulillah, saya bersyukur Ancol buka kembali. Pelan-pelan mudah-mudahan Indonesia bisa segera sembuh. 'Kan sudah tangguh, sudah tumbuh, nah sekarang sembuh. Kalau sudah sembuh, kita kembali ke sediakala," ujar Edy saat ditemui wartawan di Jakarta Utara, Rabu.

Pembukaan kembali kawasan rekreasi itu hanya diperuntukkan bagi pengunjung yang sekadar ingin berolahraga, seperti lari (jogging), jalan santai dan bersepeda.

Corporate Communications PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk, Rika Lestari mengatakan, pihaknya belum mengizinkan aktivitas berenang di pantai, senam berkelompok dan lainnya yang dapat menimbulkan kerumunan.

Pengunjung diwajibkan menunjukkan bukti vaksin pada saat pemeriksaan di pintu masuk. Namun, kawasan yang masih dibuka masih terbatas seperti pantai, Allianz Ecopark dan Pasar Seni.

Baca juga: Ancol buka bagi masyarakat pada 18 Agustus dengan syarat sudah vaksin

Termasuk waktu berkunjung yang diterapkan dua sesi yaitu pagi mulai pukul 06.00 sampai 10.00 WIB, dan siang mulai pukul 14.00 sampai 18.00 WIB.

"Akses masuk hanya melalui Pintu Gerbang Timur dengan pengecekan tiket daring, bukti vaksin dan suhu tubuh," ujar Rika.

Untuk mencegah terjadinya klaster Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), Manajemen Taman Impian Jaya Ancol menugaskan personel satuan tugas dan petugas keamanan yang melakukan pemantauan dan patroli berkesinambungan di tiga kawasan yang telah dibuka.

Seluruh pengunjung diimbau tetap wajib menerapkan protokol kesehatan 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas) selama berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

"Mari kita tetap terapkan protokol kesehatan agar kegiatan olah raga di kawasan Taman Impian Jaya Ancol dapat berjalan aman dan nyaman. Yuk sehat bersama Ancol," katanya.

Baca juga: Ancol siapkan aturan teknis terkait syarat berwisata wajib vaksinasi

Taman Impian Jaya Ancol tutup sementara sejak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di DKI Jakarta, Juni 2021.

Unit rekreasi di kawasan Taman Impian Jaya Ancol lainnya seperti Dunia Fantasi, Ocean Dream Samudra, Sea World Ancol dan Atlantis Water Adventure masih ditutup sementara untuk umum.

Sedangkan penginapan Putri Duyung Ancol dan pelayanan penyeberangan ke Pulau Seribu melalui Dermaga Marina tetap beroperasi.

Begitu pun sejumlah restoran yang ada di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol telah beroperasi sesuai dengan jadwal operasional per-sesi dengan sistem bawa pulang atau makan ditempat area terbuka sesuai dengan ketentuan kapasitas 25 persen dan pembatasan waktu bersantap maksimal dua puluh menit.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menjajal keseruan wahana Dufan di malam hari

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar