Jakarta (ANTARA) -
Polda Metro Jaya memperluas program Vaksinasi Merdeka ke wilayah penyangga Jakarta setelah program tersebut sukses memvaksinasi hingga 99 persen warga Ibu Kota.
 
"Kita rencanakan untuk aglomerasi, aglomerasi itu karena wilayah hukum Polda Metro Jaya ini masuk Depok, Bekasi Kabupaten, Bekasi Kota dan juga Tangerang Selatan, Kota Tangerang. Nah ini yang akan kita serbu," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Rabu.
 
Yusri menyebut Bidang Kedokteran dan Kepulauan (Biddokkes) Polda Metro Jaya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Banten terkait program Vaksinasi Merdeka di wilayah aglomerasi.
 
"Memang terkendala permasalahan vaksinasi karena memang vaksinasi di Bekasi, Depok di Jawa Barat kemudian juga yang di Tangerang itu ada di Banten, tapi kami dari Biddokkes sudah berkoordinasi dengan Kemenkes untuk bisa diprioritaskan untuk penyangga di Ibu Kota," katanya.
 
Meski demikian, Yusri memastikan program Vaksinasi Merdeka di wilayah aglomerasi telah berjalan dan akan dikebut untuk percepatan pembentukan "herd immunity" dalam rangka mengakhiri pandemi COVID-19
 
"Jadi daerah penyangga ini sudah berjalan juga di Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi dan juga Tangerang Selatan dan Kota Tangerang sudah berjalan, tinggal sekarang sisanya akan kita kejar," ujar Yusri.

Baca juga: Vaksinasi Merdeka di Jakarta capai target
Baca juga: 3.000 guru di Jakarta Barat sudah divaksin tahap satu
 
Yusri menjelaskan angka vaksinasi di Jakarta belum mencapai 100 persen karena ada warga yang tidak bisa divaksinasi karena alasan khusus.
 
"Kalau kita persentase sekitar 99 persen lebih. Kenapa saya katakan 99 persen? Karena memang ada beberapa warga Jakarta yang KTP Jakarta tapi tinggalnya di luar negeri," katanya.

Kemudian ada warga Jakarta yg tinggal di luar Jakarta dan ada warga Jakarta yang belum bisa divaksinasi karena kesehatan. "Ini yang tidak bisa pencapaian sampai 100 persen," katanya.
 
Program Vaksinasi Merdeka adalah salah satu strategi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta untuk mempercepat vaksinasi guna mewujudkan kekebalan kelompok 100 persen di Ibu Kota.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021