Andi Rio: Hari Konstitusi momentum implementasikan nilai UUD 1945

Andi Rio: Hari Konstitusi momentum implementasikan nilai UUD 1945

Tangkapan layar anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi hadir dalam Rapat Kerja (Raker) Komisi III DPR RI dengan Menteri Hukum dan HAM, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu. (Imam B)

Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi mengatakan peringatan Hari Konstitusi menjadi momentum dan refleksi bagi generasi penerus bangsa untuk dapat mengimplemantasikan nilai-nilai yang ada dalam pembukaan UUD 1945 terutama di tengah situasi pandemi COVID-19.

Menurut dia, Hari Konstitusi dapat diimplementasikan secara nyata dengan memberikan rasa adil dan makmur kepada seluruh warga negara Indonesia tanpa terkecuali.

"Jadikan momentum Hari Konstitusi sebagai semangat pemerintah untuk memberikan hak warga negara secara konstitusional dan menyeluruh sesuai amanah UUD 1945 dari sisi hukum, politik, kesehatan dan ekonomi," kata Andi Rio dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Baca juga: MPR gelar peringatan Hari Konstitusi secara sederhana

Dia mengatakan UUD 1945 merupakan sebuah pegangan bagi seorang pemimpin dalam menjalankan roda pemerintahan karena tanpa konstitusi maka pemimpin akan kebablasan dalam menjalankan tugasnya.

Andi Rio menjelaskan bangsa Indonesia memiliki konstitusi yang merupakan hasil pemikiran dan perjuangan para pendiri dan pahlawan bangsa.

"Dengan adanya konstitusi maka setiap pemimpin bangsa indonesia memiliki sebuah pedoman dalam menjalankan roda pemerintah maupun kekuasaan," ujarnya.

Baca juga: MPR inginkan Hari Konstitusi diperingati seluruh elemen bangsa

Menurut dia, kehadiran konstitusi merupakan sebuah harapan para pendiri dan pahlawan bangsa yang menginginkan bangsa Indonesia memiliki kehidupan ketatanegaraan yang lebih baik ke depannya.

Politisi Partai Golkar itu mengajak para generasi penerus untuk memperingati Hari Konstitusi dengan menjalankan dan merealisasikan nilai-nilai konstitusi, terlebih di tengah situasi pendemi COVID-19.

Dia mengajak semua elemen bangsa untuk membantu pemerintah menyelesaikan pandemi COVID-19 agar Indonesia sehat dan ekonomi bangkit.

Baca juga: Akademisi: Hari Konstitusi momentum kembali pada UUD 45

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Disahkan, ini 4 pilar UU HKPD

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar